Surya/

Berita Nganjuk

Mbah Tamiyem Baru Saja Diungsikan, Tiba-tiba Rumahnya Jadi Seperti Ini

#NGANJUK - Penderitaan Tamiyem kemudian diketahui para relawan setelah ada netizen yang mengunggah foto rumahnya di media sosial.

Mbah Tamiyem Baru Saja Diungsikan, Tiba-tiba Rumahnya Jadi Seperti Ini
surya/didik mashudi
Janda Tamiyem di dalam rumahnya sebelum ambruk dan kondisi rumah setelah ambruk di Desa Gemenggeng, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. 

SURYA.co.id | NGANJUK - Rumah reyot yang dihuni janda Tamiyem (75) di Dusun Klaten, Desa Gemenggeng, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk akhirnya roboh.

Beruntung satu jam sebelum rumahnya roboh, Tamiyem sudah diungsikan para relawan ke rumah Jamiran, Jogotirto Desa Gemenggeng.

"Satu jam sebelum rumahnya ambruk kami sudah mengungsikan Bu Tamiyen ke rumah perangkat desa," ungkap Witanto (35) seorang relawan kepada SURYA.co.id, Sabtu (8/4/2017).

Witanto bersama sejumlah relawan pada Jumat (7/4/2017) petang mengunjungi rumah Tamiyem untuk menyerahkan bantuan yang dihimpun dari kalangan netizen dan dermawan.

Saat itu menjelang Magrib, Witanto sudah melihat ada tanda-tanda rumah reyot yang ditinggali Tamiyem itu bakal ambruk. "Saat kami datang di rumahnya sudah terdengar suara kretek, kretek. Apalagi posisi rumah juga sudah miring," ungkapnya.

Mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, Tamiyem kemudian diungsikan oleh relawan ke rumah perangkat desa.

Hanya berselang satu jam kemudian, rumah Tamiyem akhirnya benar-benar ambruk. "Rumahnya ambruk sekitar pukul 19.00 WIB atau satu jam setelah Bu Tamiyem kami ungsikan," jelasnya.

Tamiyen mengaku sangat bersyukur luput dari musibah karena dibantu diungsikan para relawan. Terlebih relawan juga memberikan bantuan sembako dan uang untuk memperbaiki rumahnya.

Kondisi rumah Tamiyem selain sudah reyot, atap dan dindingnya juga bocor dan berlubang. Meski rumahnya reyot, namun Tamiyem selama ini tidak pernah mendapatkan bantuan progam bedah rumah dari pemerintah.

Tamiyem hidup sebatang kara setelah ditinggal mati suaminya. Untuk keperluan sehari-hari banyak mendapat bantuan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya.

Penderitaan Tamiyem kemudian diketahui para relawan setelah ada netizen yang mengunggah foto rumahnya di media sosial. Bantuan pun mengalir berupa sembako dan uang.

Kini netizen tengah menggalang bantuan dana untuk membantu memperbaiki rumah Tamiyem yang telah ambruk.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help