Lapor Cak

Unesa Terapkan E-Money di Kampus

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjadi kampus pertama di Jatim yang digandeng BTN dalam menerapkan e-money. Begini penjelasannya...

Unesa Terapkan E-Money di Kampus
surabaya.tribunnews.com/Sulvi Sofiana
Senior Vice President Commercial Funding & Service Division PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Dewi Fitrianingrum menyerahkan bantuan mobil kepada Rektor UNeSa Prof. Warsono, Selasa (4/4/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA – Sektor pendidikan, terutama pendidikan tinggi menarik bagi dunia perbankan. Banyak bank berlomba masuk untuk membidik bisnis di kampus. Seperti di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang mulai menerapkan e-money atau uang elektronik untuk pembayaran di kantin.

Hal ini merupakan tindak lanjut kerjasama antara Unesa dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Di Jawa Timur, Unesa adalah kampus negeri pertama di Jatim yang digandeng BTN dalam penerapan e-money. Selanjutnya, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) dan kampus lainnya.

Rektor Unesa, Prof Warsono mengatakan, selama ini peran pihak ketiga cukup membantu lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Apalagi dengan pengembangan uang elektronik akan memudahkan mahasiswa dalam bertransaksi.

“Ada 13 mobil bantuan BTN yang kami terima. Dan sekarang ditambah mobil pikap, BTN Zone di kantin yang dilengkapi fasilitas internet, BTN Center,” kata Warsono.

Sementara itu, Senior Vice President Commercial Funding & Service Division PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Dewi Fitrianingrum mengatakan, pihaknya terus memperbanyak jumlah institusi yang digandeng.

“Institusi di tingkat pusat, dan daerah. Terutama BUMN. Untuk institusi pendidikan, kampus negeri dan swasta,” tutur Dewi disela penyerahan bantuan mobil pikap serta BTN Zona berupa sarana prasarana kantin kampus.

Menurutnya, ada banyak kerjasama pengelolaan keuangan di bidang pendidikan.Selain itu, ada program digital banking, salah satunya berupa Kartu tanda Mahasiswa (KTM) yang menjadi satu dengan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Ada 5.000 kartu diluncurkan tahap pertama di Unesa. Kartu ini bisa membantu proses administrasi keuangan mahasiswa.

“Di Unesa, BTN membidik layanan payroll, KPR hingga kredit karyawan. Untuk mahasiswa, BTN ada layanan pengelolaan keuangan beasiswa Bidikmisi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ,” urai Dewi.

Secara nasional, PTN yang digandeng BTN, yakni Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, dan lainnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved