Berita Pasuruan

Antisipasi Kebocoran dan Gangguan saat UNBK, Sekolah Ini Pilih Pasang CCTV

Pihak sekolah memasang Camera Closed Television (CCTV) di masing-masing ruang kelas yang digunakan siswa untuk mengikuti UNBK.

Antisipasi Kebocoran dan Gangguan saat UNBK, Sekolah Ini Pilih Pasang CCTV
surya/galih lintartika
CCTV untuk memantau UNBK di SMKN 1 Kota Pasuruan, Selasa (4/4/2017). 

SURYA.co.id | PASURUAN - SMKN 1 Kota Pasuruan memiliki cara untuk meminimalisir gangguan para siswa-siswi yang sedang menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kali ini.

Pihak sekolah memasang Camera Closed Television (CCTV) di masing-masing ruang kelas yang digunakan siswa untuk mengikuti UNBK.

Di sekolah ini, ada 12 kelas yang digunakan untuk UNBK. Jumlah siswa yang mengikuti UNBK tahun ini sebanyak 662 siswa.

Setiap pergerakan siswa-siswa pasti akan terekam jelas di kamera pengintai yang selalu stand by setiap detiknya.

Dari pantauan di sekolah, para siswa-siswi ini tampak serius mengikuti UNBK. Mereka tampak sibuk dengan lembar soal dan jawaban yang ada di meja.

Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Pasuruan, Sarkawi mengatakan, dari pihak sekolah memang sengaja memasang CCTV ini. Ada beberapa alasan, kenapa CCTV ini dipasang.

"Pertama, kami antisipasi kebocoran soal atau trik siswa untuk mencontoh jawaban temannya," katanya.

Kedua, kata dia, kamera ini juga berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi para pengawas sekolah atau dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan yang berkunjung untuk memantau jalannya UNBK.

"Cukup dipantau dari CCTV saja kan cukup. Tanpa berkunjung ke kelas. Kalau berkunjung , justru khawatir mengganggu anak-anak yang sedang konsentrasi," paparnya.

Ia memastikan bahwa selama dua hari pelaksanaan UNBK ini tidak ada gangguan yang berarti. Artinya, pelaksanaan UNBK di sekolahnya berjalan seperti apa yang ada.

"Allhamdulillah tidak ada kendala. Mudah - mudahan sampai selesai UNBK juga tidak ada kendala. Semoga siswa kami lulus semua dengan nilai terbaiknya," pungkasnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help