Lapor Cak

Macet Rutin di Depan Santa Maria Darmo

Kemacetan di depan sekolah Santa Maria, Jl Raya Darmo, Surabaya, adalah pemandangan yang lazim ditemukan saat siang. Ini penyebabnya...

Macet Rutin di Depan Santa Maria Darmo
surabaya.tribunnews.com/Nuraini Faiq
Situasi lalu lintas di jl Raya Darmo, tepatnya di depan sekolah Santa Maria, Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Jalan Raya Darmo sisi timur pada siang hari dipastikan macet. Bukan karena ada pedagang kaki lima (PKL), mengingat jalan ini bersih dari PKL. Bukan pula karena ada kendaraan parkir di tepi badan jalan karena ada kantor atau warung makan.

Penyebab kemacetan di jalan raya ini, biasanya terjadi saat jam pulang sekolah. Banyak mobil berhenti lama di depan sekolah Santa Maria Surabaya.

Seperti terlihat jelang pukul 14.00 WIB, Senin (3/4), antrean kendaraan mengular sejak perempatan lampu merah Polisi Istimewa.

Begitu lampu menyala hijau, banyak kendaraan berebut melewati perempatan traffic light itu. Namun, laju mereka tersendat saat berada di depan sekolah itu.

Kendaraan-kendaraan itu berniat menjemput siswa-siswa yang sekolah di Santa Maria. Mereka menghentikan kendaraan dan parkir.

Namun, yang terkadang banyak dikeluhkan adalah banyak kendaraan yang menyalakan lampu hazard.

"Biasa, banyak mobil yang keluar masuk sekolah. Ada yang malah berhenti sampai parkir di depan sekolah," kata Sulistiyanto, pengguna jalan, Senin (3/4/2017).

Kondisi itu terjadi setiap hari. Tampak sejumlah mobil memutar melalui pintu belakang sekolah. Namun, kebanyakan menunggu di depan sekolah. Puluhan mobil itu dengan kaca mobil terbuka.

Tidak Ada Petugas

Rata-rata mobil itu hanya berisi pengemudi saja. Praktis, satu mobil hanya ada satu orang. "Ini diminta mapak (menjemput) anak bos," ucap seorang pengemudi.

Akibat mobil parkir berderet dan aktivitas keluar masuk dari sekolah, kemacetan pun tak terhindarkan. Meski jalan cukup lebar, namun saat jam pulang sekolah sekitar pukul 14.00 WIB, akses pun menyempit.

Pantauan di lokasi, macet siang ini berlanjut pada sorenya saat jam pulang kerja. "Tetapi tidak ada petugas yang melarang saat mobil penjemput berhenti di depan sekolah," ujar pengguna jalan lainnya.

Pengguna jalan ini berharap, agar ada petugas yang melarang mobil parkir di badan jalan di ruas Jl Raya Darmo. Bisa saja dengan memberi tanda larangan parkir seperi di Jl Raya Urip Sumoharjo.

Belum diperoleh keterangan apakah selama ini sudah ada razia penertiban atau sosialisasi larangan parkir dan berhenti di pinggir bahu Jl Raya Darmo.

Karena, hingga saat ini, setiap hari selalu banyak kendaraan parkir di pinggir jalan raya ini. Mereka tidak masuk halaman sekolah.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help