Citizen Reporter

Belajar Menjadi Pemimpin di Rumah Kepemimpinan

menjadi pemimpin memang tak bisa instan.. ada tahapannya, ada prosesnya.. salah satunya dengan belajar di Rumah Kepemimpinan ini..

Belajar Menjadi Pemimpin di Rumah Kepemimpinan
yunaz ali akbar karaman/citizen reporter
Peserta pelatihan kepemimpinan dan Rumah Kepemimpinan 

Reportase Yunaz Ali Akbar Karaman
Mahasiswa Universitas Airlangga/Peserta Rumah Kepemimpinan

BERCITA-CITA menjadi pemimpin adalah impian setiap orang. Tak hanya menjadi pemimpin negara atau perusahaan, menjadi pribadi yang memberi pengaruh pada orang lain juga bisa disebut pemimpin. 

Banyak jalan dapat ditempuh untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Terlebih jika telah dipersiapkan secara matang sejak dini dengan ikut berbagai kegiatan melatih diri menjadi pemimpin.

Saat ini beragam kegiatan pelatihan kepemimpinan banyak diselenggarakan dengan materi-materi yang membangun jiwa kepemimpinan oleh pemateri yang unggul di bidangnya.

Salah satu institusi yang memiliki visi tersebut adalah Rumah Kepemimpinan Program Pembinaan Sumber Daya Manusia Strategis (PPSDMS). Rumah Kepemimpinan memiliki program pembinaan dengan target mahasiswa. Terdapat tujuh cabang regional di Indonesia dan pesertanya dari berbagai universitas di setiap regional.

Regional IV Surabaya merangkul 35 mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga.

Program yang dijalankan di Rumah Kepemimpinan secara umum bertujuan melatih peserta agar kelak menjadi pemimpin. Setiap bulan atau bahkan setiap pekan di asrama Rumah Kepemimpinan yang terletak di Jalan Menur Pumpungan VIII/6 Sukolilo, Surabaya disibukan dengan program kepemimpinan.

Seperti Kamis (23/3) diselenggarakan kegiatan Leaders and Leadership dengan narasumber Bachtiar Firdaus, Direktur Rumah Kepemimpinan dan mantan Ketua BEM Universitas Indonesia.

Seperti namanya kegiatan diisi dengan materi yang melatih jiwa kepemimpinan dengan mempelajari keteladanan dari berbagai tokoh, seperti Nabi Daud AS hingga Nabi Yusuf AS.

Dengan pengalamannya memimpin di berbagai organisasi, Bachtiar Firdaus sukses membuat peserta termotivasi menguatkan jiwa kepemimpinannya. Diskusi di ujung materi semakin membakar semangat peserta.

Diharapkan kegiatan semacam ini menjadi rutinitas sehingga peserta dan pemuda lainnya bisa menjadi pemimpin yang strategis di masa depan.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved