Citizen Reporter

“Apakah Air di Dalam Tubuh Bisa Habis?”

jangan tunggu haus baru minum.. karena menjaga tubuh tetap terhidrasi jauh lebih bermanfaat dan sehat... yuk minum air putih ...

“Apakah Air di Dalam Tubuh Bisa Habis?”
pixabay
ilustrasi 

Reportase Zaimatus Zaifaro SPd
Ketua Green Education SD Al Muslim, Waru, Sidoarjo/ Sekretaris Forum Adiwiyata SD Jawa Timur/mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

MEMPERINGATI hari air sedunia, SD Al Muslim menghelat aksi minum air serentak, pada Selasa (21/3/2017) di lapangan indoor sekolah.

Lebih dari 800 siswa dan 70 guru terlibat dalam aksi bertema Segelas Air Sejuta Manfaat, diharapkan mereka tertib mengonsumsi air, menerapkan sikap minum air yang baik, cara melestarikan air bersih di bumi ini.

Untuk itu setiap siswa wajib membawa botol minum. Tepat pukul 07.10 WIB siswa berbaris rapi di halaman sekolah bersiap melakukan ikrar yang dilanjutkan dengan senam UKS dipandu Sri Juariyah SPd, guru pengajar senam UKS. Usai senam bersama siswa berkumpul di lapangan indoor.

Yel-yel tentang pentingnya air pun bergema. Saat semua siswa telah duduk rapi dan tertib, Zaimatus Zaifaro, memandu peserta meminum air putih.

Selanjutnya dr Sukma Sahadewa SH MH MSos MKes CLA, memaparkan materi pentingnya air dan manfaatnya, mudah dipahami siswa. Apalagi bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan dr Sukma dan atau bertanya akan mendapat hadiah.

Hal ini membuat siswa belajar mengasah rasa percaya diri dengan belajar berkomunikasi dengan baik.

Pertanyaan dr Sukma serentak disahuti siswa mengajukan pertanyaan “siapa di antara kalian yang pernah pusing?”

Pusing, jelas dr Sukma, merupakan salah satu sinyal yang diberikan tubuh karena kurangnya asupan air dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan air akan mengalami gangguan konsentrasi karena otak tak bisa bekerja maksimal.

Rano, seorang siswa mengajukan pertanyaan, "apakah air di tubuh bisa habis?”

Akhirnya Rano tahu bahwa air di tubuh tidak akan bisa habis melainkan mengalami penurunan konsentrasinya.

“Kami berharap semua siswa sadar pentingnya minum air putih dan menghemat penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari, karena jika telah terbentuk sadar minum air putih sejak usia SD akan terbentuk pribadi yang sehat dan bisa konsentrasi dengan baik,” ungkap Ummul Jazilah SAg, Kepala SD Al Muslim di akhir kegiatan.

Semoga dengan gerakan minum air putih ini pun akan diikuti semua siswa sekolah di manapun berada sehingga mereka akan siap tumbuh sebagai generasi bangsa yang sehat jasmani, ruhani, dan sosial.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help