Berita Jawa Timur

Dewan Minta Peningkatan Infrastruktur Untuk Dongkrak Pendapatan Rakyat

DPRD Jatim mendesak pemerintah segera menuntaskan beberapa proyek infrastruktur yang sempat tertunda. Ini daftarnya...

Dewan Minta Peningkatan Infrastruktur Untuk Dongkrak Pendapatan Rakyat
foto: Antaranews.com
Jalur litas selatan, salah satu proyek yang belum tuntas dikerjakan oleh Pemprov Jatim. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jatim mendesak pemerintah untuk segera menuntaskan beberapa pembangunan infrastruktur di Jatim yang sempat tertunda. Hal ini tertuang dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur tahun 2016.

Di antara anggota dewan tersebut adalah Wakil Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jatim, Mahdi.

Mahdi berharap gubernur segera merealisasikan Jalan Lintas Selatan (JLS) yang diyakini mampu menurunkan tingkat disparitas antara wilayah Selatan dan Utara.

Sebab, menurut Mahdi kondisi ekonomi di wilayah selatan untuk saat ini masih memprihatinkan dibandingkan dengan wilayah utara.

‘’Saya berharap penyelesaian JLS dapat dilakukan pada 2018. Apalagi, kabarnya telah mendapatkan bantuan dari Islamic Development. Dengan begitu masyarakat di wilayah Selatan mulai Pacitan hingga Banyuwangi bisa ditingkatkan perekonomiannya," tegas pria yang yang juga Wakil Ketua Pansus LKPj Gubernur Jatim 2016, Jumat (31/3/2016).

Selain JLS, ia juga berharap adanya pengelolaan Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo yang maksimal. Apabila hal tersebut dapat dilakukan, maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat ditingkatkan, sekaligus dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar pelabuhan Tanjung Tembaga.

"Untuk itu gubernur segera bertindak cepat dalam mengelola pelabuhan Tanjung Tembaga,’’ tegasnya.

Mahdi juga menyoroti Lapangan Terbang (Lapter) Abdul Rachman Saleh di Malang. Pihaknya mendorong agar Lapter tersebut menjadi lapter internasional untuk mempermudah investor dari luar negeri yang ingin menanamkan modal di Jawa Timur. 

‘’Yang pasti Lapter Abdul Rachman Saleh segera dijadikan Lapter Internasional. Sehingga, akan mempermudah akses bagi wisatawan mancanegara dan meningkatkan penanaman modal di Jatim,’’ tegasnya.

Ketua Fraksi Gerindra Jatim, Halim Iskandar, mengatakan hal serupa. Meski mengaku bahwa LKPj Gubernur Jatim 2016 cukup optimal, ia tetap berharap adanya peningkatan pembangunan infrastruktur.

"Meski anggaran kita minus, bukan berarti pembangunan infrastuktur tidak dapat diselesaikan secara maksimal. Oleh karena itu, gubernur harus terus berupaya untuk menyelesaikan jalan atau jembatan yang rusak berat," kata pria yang juga Anggota Komisi D DPRD Jatim tersebut.

"Selain dapat menyelamatkan nyawa pengguna lalu lintas, peningkatan infrastruktur yang bagus juga dapat memberi dampak jangka panjang berupa peningkatan perekonomian masyarakat Jatim," pungkasnya. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved