Surya/

Berita Olahraga

'Perang Bintang' di Surabaya, Pertemukan 414 Pecatur Terbaik asal Jawa Timur

Ratusan pecatur tersebut berasal dari 38 kota/kabupaten se-Jatim yang sebelumnya telah menjalani babak pra perang bintang

'Perang Bintang' di Surabaya, Pertemukan 414 Pecatur Terbaik asal Jawa Timur
surya/dya ayu
Grand Master catur Jatim Cerdas Barus (kotak-kotak) saat fokus bertanding di turnamen Grand Final 'Perang Bintang junior & Open tounament Senior Jatim 2017' di Asrama Haji Surabaya, Sabtu (25/3/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebanyak 414 pecatur yang terdiri 224 junior dan 190 senior dari seluruh Jawa Timur tampil dalam turnamen Grand Final 'Perang Bintang junior & Open Tournament Senior Jatim 2017', yang diselenggarakan Percasi Jatim di Asrama Haji Surabaya, Sabtu (25/3/2017).

Ratusan pecatur tersebut berasal dari 38 kota/kabupaten se-Jatim yang sebelumnya telah menjalani babak pra perang bintang yang diadakan dalam tujuh Korwil.

Tujuh Korwil tersebut yakni, Korwil 1 berada di Surabaya, Korwil 2 di Madura, Korwil 3 di Bojonegoro, Korwil 4 di Kediri, Korwil 5 di Malang Raya, Korwil 6 di Madiun dan Korwil 7 bertempat di Banyuwangi dan Jember yang bertanding dalam beberapa kelompok umur, A untuk senior sementara B,C,D,E,F,G untuk junior.

"Dari masing-masing Korwil telah diambil 36 pecatur untuk kemudian berlaga di Perang Bintang ini," kata Marhaen Djumadi Ketua Harian Percasi Jatim, Sabtu (25/3/2017) siang.

Tujuan utama diadakannya turnamen ini untuk menjalankan pembibitan pecatur yang saat ini masih minim.

Ini merupakan salah satu upaya Percasi untuk memajukan catur di Jatim.

"Turnamen ini merupakan strategi untuk pembibitan dan kami tengah mencari calon pecatur untuk mewakili Jatim di PON Papua 2020 mendatang. Target kami di PON Papua meraih 2 emas, 1 perak dan 3 perunggu," ujar Marhaen Djumadi.

Nantinya setelah terpilih juaranya, atlet kategori senior akan dikirim untuk bertanding di Kejurnas bulan Juli di Jakarta.

Sementara kategori junior akan dibina dan pada bulan Mei akan bertanding dalam Kejurprov di Jember.

Tak dipungkiri saat ini catur Jatim masih kalah kuat dengan catur dari Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Halaman
12
Penulis: Dya Ayu
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help