Berita Probolinggo

Longsor Tutup Jalur Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Jalur menuju salah satu destinasi wisata di Probolinggo ini tertutup timbunan longsor tebing

Longsor Tutup Jalur Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo
surya/galih lintartika
Jalur menuju air terjun Madakaripura, Kabupaten Probolinggo tertutup longsor, Selasa (21/3/2017). 

SURYA.co.id | PROBOLINGGO - Jalur menuju air terjun Madakaripura, Kabupaten Probolinggo terputus sejak, Senin (20/3/2017) malam.

Jalur menuju salah satu destinasi wisata di Probolinggo ini tertutup timbunan longsor sebuah tebing yang berada di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Probolinggo.

Tebing setinggi 400 meter ini longsor setelah diguyur hujan sejak Senin siang.

Longsoran ini otomatis mengganggu aktivitas warga setempat.

Sebab, material longsor ini memiliki ketebalan sekitar tiga meter dan menutup seluruh badang jalan. Panjang longsoran ini mencapai 100 meter.

Sunardi, warga setempat mengatakan, longsor terjadi karena tebing gundul dengan kemiringan 45 derajat tersebut tidak mampu menahan guyuran hujan.

“Suara gemuruh hebat terjadi saat tebing mau runtuh. Suaranya seperti gempa. Untungnya, saat kejadian pada senin malam kemarin/ tidak ada warga atau wisatawan yang sedang melintas,” katanya kepada SURYA.co.id.

Dia mengungkapkan, bencana longsoran ini idak hanya memutus akses menuju air terjun menuju madakaripura, namun juga menutup jalur tansportasi warga di tiga desa.

”Jalur desa yang terputus ini Desa Negororejo, Branggah, Gadungadung, Kecamatan lumbang. Ini dari semalam kami juga kebingungan mau berbuat apa,” paparnya.

Hilmi, warga lainnya mengatakan, pihaknya dengan warga setempat saat ini sedang berusaha membersihkan timbunan longsor ini.

Menurutnya, warga membersihkan timbunan longsor dengan peralatan seadanya.

“Kami pakai alat seadanya. Kami bersyukur tadi ada bantuan dari polisi dan TNI yang membersihkan timbunan. Kami berharap, hari ini tidak ada hujan, agar longsor bisa dibersihkan dulu,” pungkasnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help