Surya/

Berita Banyuwangi

VIDEO - Cara Bakar Ikan ala Restoran, Tips untuk Istri Nelayan di Banyuwangi

Warga Pulau Santen yang mayoritas nelayan bisa meningkatkan ekonominya, istri nelayan dilatih membuka usaha kuliner. Lihat videonya.

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Setelah ditetapkannya Pantai Pulau Santen Banyuwangi, sebagai destinasi wisata syariah, membuka banyak peluang usaha di kawasan tersebut.

TUjuannya, warga Pulau Santen yang mayoritas nelayan bisa meningkatkan ekonominya, istri nelayan dilatih membuka usaha kuliner.

Salah satu peluang usaha di Pantai Syariah adalah kuliner ikan bakar. Untuk itu istri-istri nelayan yang tinggal di Pulau Santen, dilatih mengolah kuliner ikan bakar, Senin (19/3/2017).

Mereka dilatih cara membersihkan, membakar, membumbui, dan menyajikan ikan bakar ala restoran. Jadi tidak hanya sekadar membakar saja, mereka dilatih bagaimana mengolah ikan bakar yang berkualitas.

"Tujuan dari pelatihan ini, agar istri-istri nelayan bisa membuka usaha kuliner ikan bakar. Jadi suaminya melaut, sedangkan istrinya bisa membuka usaha kuliner," kata Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Hary Cahyo Purnomo, ditemui di lokasi.

Sejak dibukanya Pantai Pulau Santen sebagai wisata syariah, pantai yang terletak di kota Banyuwangi itu ramai dikunjungi pengunjung. Tingkat kunjungan di Pulau Santen mencapai 500-700 orang. Terutama pada akhir pekan, pengunjung yang datang membludak.

Baca: VIDEO - Destinasi Wisata Syariah Dekat Eks Lokalisasi di Banyuwangi

Suasana di Pulau Santen Banyuwangi
Suasana di Pulau Santen Banyuwangi (surya/haorrahman)

Apalagi pantai ini terus dibenahi dan dikembangkan. Sehingga kuliner menjadi peluang usaha yang menjanjikan di kawasan ini.

"Kami ingin warga di sini juga terlibat dan ikut merasakan berkahnya. Dengan cara ini perekonomian warga sekitar juga ikut meningkat," kata Hary.

Tidak sekadar dibekali pelatihan namun akan ada tindak lanjut dari kegiatan ini. Di Pulau Santen nantinya akan dibangun sentra kuliner. Kegiatan ini untuk mempersiapkan warga agar bisa turut bersaing.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help