Berita Surabaya

Prihatin Kasus Dugaan Pungli PTSL, Komisi A Jadwalkan Pertemuan

Komisi A DPRD Kabupaten Sidoarjo miris melihat banyak kades yang terjerat pungli dalam program Pengadaan Tanah Sistematis Langsung.

Prihatin Kasus Dugaan Pungli PTSL, Komisi A Jadwalkan Pertemuan
antara/basri marzuki
ilustrasi saber pungli 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Komisi A DPRD Sidoarjo prihatin terhadap kasus hukum yang menjerat para kepala desa (kades) di Kota Delta terkait program Pendaftaran Tanah Sistematis Langsung (PTSL).

Karena itu, Komisi A akan segera melakukan koordinasi dengan aparat hukum dan juga Pemkab Sidoarjo untuk membahas permasalahan tersebut.

"Minggu ini akan kami jadwalkan untuk koordinasi agar bisa ada solusi terhadap program PTSL ini," kata Sekretaris Komisi A, Saiful Ma'ali, Senin (20/3/2017).

Ma'ali menuturkan dibutuhkan adanya kesamaan persepsi mengenai aturan program PTSL ini.
Program nasioinal itu memang gratis. Namun, dalam pelaksanaannya ada biaya yang harus dikeluarkan pemohon/warga.

Biaya yang dimaksud adalah pengadaan patok, materai, dan juga fotokopi beberapa dokumen. Belum lagi ketika petugas desa melakukan pekerjaan administrasi dan juga teknis mengukur tanah warga yang membutuhkan biaya konsumsi.

Permasalahan timbul tatkala pihak desa menarik iuran atas biaya-biaya tersebut. Apalagi, iuran itu jumlahnya bervariasi. Diduga, tarikan iuran itu adalah pungutan liar (pungli).

Bagi Ma'ali yang juga politisi PKB ini dibutuhkan adanya kesamaan persepsi agar program PTSL di Sidoarjo bisa berjalan lancar.

"Saat ini malah jadi mandek. Perlu ada tindakan segera," ujarnya.

Bupati Sidoarjo, Saiful Illah, bahkan telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) agar para kades yang mendapatkan jatah PTSL membuat Peraturan Desa (Perdes) terkait iuran ke warga. Yang dipermasalahkan aparat hukum, tarikan tersebut tak memiliki dasar hukum.

Menurutnya, jika tarikan itu dijadikan Perdes, akan menjadi dasar hukum iuran tersebut.

Halaman
12
Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help