Berita Surabaya

Jadwal Pencairan dan Pelaporan Penggunaan Dana BOS Mepet, ini Siasat Sekolah

Target pencairan dana BOS di Jatim sangat mepet dengan jadwal pelaporan penggunaan anggaran BOS Triwulan 1. Maka, beginilah siasat yang dibuat sekolah

Jadwal Pencairan dan Pelaporan Penggunaan Dana BOS Mepet, ini Siasat Sekolah
kemendikbud.go.id
bantuan operasional sekolah 

SURYA.co.id | SURABAYA - Target pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Jawa Timur rencananya dituntaskan pekan ini. Pencairan dana ini tentunya sangat dinantikan sekolah baik SD,SMP maupun tingkatan SMA dan SMK.

Sayangnya, pencairan dana ini sangat berdekatan dengan waku pelaporan penggunaan anggaran BOS triwulan 1.

Kepala SMPN 1 Surabaya, Titik Sudarti mengungkapkan telah mempersiapkan buku harian pemakaian anggaran BOS. Yakni anggaran yang dipinjam sekolah untuk menutupi operasional yang harusnya dibiayai BOS.

“Nanti kalau anggarannya sudah cair ke rekening sekolah, kami baru memindahkan laporan buku harian tersebut ke laporan online BOS,” jelasnya pada SURYA.co.id, Senin (20/3/2017).

BOS, lanjutnya, dibelanjakan pada 12 item operasional. Termasuk gaji honorer dan operasional listrik. Hanya saja hingga saat ini pihak sekolah belum menerima sosialisasi pencairan dana BOS.

“Kami sudah siap kalau pelaporan, meskipun mepet. Karena sampai sekarang belum ada sosialisasi pencairan. Karena laporan itu nantinya sebgai syarat pencairan dana bos di triwulan selanjutnya,” jelasnya.

Sementara itu Kepala SMK Antartika, Agus Suprijanto menjelaskan pihak administrasi harus bekerja ekstra dalam mempersiapkan laporan BOS. Sebab, hingga saat ini belum dilakukan pencairan dana. Sehingga waktunya terbatas untuk penyaluran dana BOS dan pelaporan.

“Ya hutangnya ditutupi dengna anggaran BOS kalau cair. Nah selama ini yang dibayar dengan uang pinjaman itu yang jadi pelaporan untuk BOS,” tegasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help