Surya/
Grahadi

Beranda Grahadi

Gus Ipul Dampingi Menko bidang Kemaritiman Tinjau Proyek Alustsista

Luhut Binsar Pandjaitan: Saya turut bangga melihat progress yang luar biasa, PT PAL adalah embrio strategis bangsa ini dalam industri kemaritiman...

Gus Ipul Dampingi Menko bidang Kemaritiman Tinjau Proyek Alustsista
ist/Humas Pemprov Jatim
Gus Ipul saat mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan ketika berkunjung ke PT DOK, Senin (20/3/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan dalam rangka kunjungan kerja ke PT PAL Indonesia (Persero), PT DOK dan Perkapalan Surabaya (Persero), Senin (20/3/2017).

Dalam kunjungan tersebut, Gus Ipul, bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan diterima secara langsung oleh Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) M. Firmansyah Arifin dan jajarannya.

Kunjungan Luhut dalam kesempatan ini adalah untuk meninjau dan mengecek secara langsung perkembangan proyek pembangunan alutsista, baik yang sedang berjalan maupun yang akan dilaksanakan. Di antaranya, kesiapan infrastruktur dan sarana pembangunan kapal selam kerjasama dengan DSME, galangan kapal asal Korea Selatan.

Firmansyah mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengerjakan fasilitas, infrastruktur dan melengkapi sarana pembangunan kapal selam yang merupakan kapal selam ketiga bagian dari tiga kapal selam pesanan Kemhan kepada galangan kapal asal Korea Selatan DSME untuk memperkuat alutsista TNI AL.

"Tak hanya itu, sumber daya manusia (SDM) juga kami siapkan, kami telah mengirim tenaga ahli ke Korea Selatan guna melaksanakan Transfer of Technology (ToT) dalam pembangunan kapal selam ke satu dan ke dua di galangan kapal DSME ini. Sedangkan disini sudah ada 206 orang gabungan karyawan senior dan junior yang siap mengerjakan kapal ini," katanya.

Dalam kesempatan yang sama Luhut mengatakan, PT PAL adalah andalan bangsa ini dalam memproduksi kapal yang berkualitas internasional. Pihaknya mengapresiasi progress pembuatan kapal selam yang memuaskan.

"Saya turut bangga melihat progress yang luar biasa, PT PAL adalah embrio strategis bangsa ini dalam industri kemaritiman, khususnya bidang alutsista. Saya optimis akan ada karya-karya kapal lagi yang lebih canggih dan bagus kedepannya. Ini juga mendukung program presiden yang ingin mengoptimalkan produk lokal daripada mengimpor," katanya.

Setelah melihat proyek kapal selam, Gus Ipul, Luhut dan Dirut PT PAL menuju ke bengkel konstruksi plat II Departemen Fabrikasi & Konstruksi Divisi Rekayasa Umum, lalu dilanjutkan meninjau salah satu kapal buatan PT PAL yang sudah dioperasikan.

Usai meninjau kondisi PT PAL Indonesia, Luhut yang didampingi Gus Ipul melanjutkan kunjungan ke PT Dok dan Perkapalan Surabaya. Didampingi Dirut PT Dok dan Perkapalan Imam Sulistianto, kedua petinggi tersebut melihat beberapa produksi perkapalan yang berlokasi di ujung dermaga.

Rombongan juga berkesempatan melihat kondisi produksi yang dihasilkan PT Dok dan Perkapalan, antara lain produksi kapal reparasi di floating I dan IV yang sedang memperbaiki Kapal Paradikma, KMP Reni, KMP SMS Swakarya dan KRI Nala. Selain itu, rombongan juga melihat workshop konstruksi dan mesin. (hms)

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help