Surya/

Citizen Reporter

10 Langkah Mudah Lolos Tes Potensi Akademik

cemas dan waswas kerap menghantui siswa yang bakal melewati tes... wajar namun tak usah berlebihan... inilah 10 langkah mudah menghadapinya..

10 Langkah Mudah Lolos Tes Potensi Akademik
px
ilustrasi 

Reportase Yupiter Sulifan
Guru Bimbingan Konseling SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo
facebook.com/juve sulifan

DARI sekian banyak jenis tes, tes potensi akademik (TPA) adalah salah satu tes yang paling sering membingungkan peserta didik. Terutama saat tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Nilai TPA yang diperoleh siswa cenderung lebih rendah dari tes lainnya. Untuk itulah Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMP, SMA/SMK, Ikatan Bimbingan Konseling Sekolah (IBKS) Kabupaten Sidoarjo dan Lembaga Pendidikan Emerald Sidoarjo menggelar seminar Menginspirasi dan Mendukung Kesuksesan Siswa Melalui Pembelajaran Tes Potensi Akademik, Sabtu (4/3/2017) di gedung Emerald Sidoarjo.

Sebagai narasumber, Bagus Sanyoto MPsi, tampil di depan 100 guru BK SMP, SMA dan SMK se Sidoarjo. Ia berbagi 10 jurus lolos TPA dengan nilai memuaskan.

1. Beberapa bulan menjelang TPA, perbanyak berlatih soal TPA, terutama menyesuaikan dengan alokasi waktu yang ada.

2. Tesangka yang diberikan umumnya angka-angka yang bisa dikerjakan tanpa harus menggunakan rumus matematika yang rumit. Tak perlu hafalan, yang diperlukan adalah logika berpikir terstruktur.

3. Kondisikan diri dalam konsentrasi penuh, tapi rileks, tidak tegang, tidak panik. Malam hari sebelum tes usahakan tidur secukupnya.

4. Hindari penasaran pada satu soal tertentu karena ini berbahaya. Rasa penasaran membuat waktu terkuras untuk mengerjakan soal tersebut.

5. Sebelum menjawab soal tes, cermati lebih dulu, apakah soal termasuk yang mudah atau sulit untuk dikerjakan. Kerjakan soal yang paling mudah agar tak kehabisan waktu. 

6. Untuk matematika, hafalkan perkalian, pecahan, persentase, perpangkatan, dan desimal sederhana, karena akan membantu menghadapi soal hitungan bisa lebih cepat.

7. Jangan malas baca koran karena banyak soal bahasa Indonesia diambil dari sana. Catat kata-kata asing dan cari tahu di kamus Bahasa Indonesia. Ini berlaku untuk semua soal sinonim (persamaan kata) dan antonim (lawan kata).

8. Berlatih mengisi Teka-Teki Silang baik untuk melatih daya ingat dan memperkaya kosa kata.

9. Bila ada dana, pertimbangkan ikut bimbingan belajar khusus membahas soal TPA.

10. Berdoa sebelum mengerjakan soal-soal TPA.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help