Surya/

Berita Surabaya

Ribuan Taksi Online Tak Berizin Beroperasi di Surabaya, hanya 4 Perusahaan yang Legal, ini Datanya

Dari ribuan taksi online yang saat ini beroperasi di Surabaya hanya 40 kendaraan yang legal.

Ribuan Taksi Online Tak Berizin Beroperasi di Surabaya, hanya 4 Perusahaan yang Legal, ini Datanya
surya/ahmad zaimul haq
Deretan taksi yang menunggu penumpang di Jl Pemuda, Rabu (24/8). Taksi konvensional kini bersaing dengan taksi online yang diakses via aplikasi di smartphone. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Saat ini diprediksi ada 4.000-an taksi online yang beroperasi liar di Surabaya dan sekitarnya. Disebut liar karena hampir semua tak berizin.

Legalitas mereka sebagai angkutan sewa sebagaimana tata aturan kementerian juga belum terpenuhi. Mereka hanya sebagai mitra Uber, Grab, atau Go Car.

Para mitra ini belum sebagaimana yang disyaratkan kementerian berbadan hukum atau dari koperasi. Hanya perorangan yang mendaftar melalui aplikasi.

Kendaraan mereka juga belum uji kir, SIM pengemudi belum A Umum, dan mereka belum berizin.

"Prediksi kami jumlahnya saat ini terus meningkat masif hingga mencapai 4.000 lebih," kata Kabid Angkutan Jalan Dishub Kota Surabaya, Tunjung Iswandaru, Minggu (19/3/2017).

Namun, hampir semua masih bodong. Hampir semua taksi online dengan mobil pribadi itu masih ilegal dan liar. Mereka beroperasi karena tak mengentongi izin Dishub Jatim.

"Berapa yang saat ini telah mengentongi izin, itu wewenang Dishub Jatim. Semua taksi online izinnya ada di provinsi," tambah Tunjung.

Selain berizin dengan segala syaratnya, taksi berbasis aplikasi tersebut nanti harus memiliki semacam pool atau mininal garasi yang jelas.

Tidak seperti saat ini yang parkir atau menunggu penumpang di sembarang tempat. Biasanya mangkal di Warung-warung bahkan masjid.

Biasanya mereka mencari lokasi atau di jalanan kampung, bukan jalan utama untuk mangkal. Mereka menghindari jika ada razia petugas.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help