Wisata Kuliner

Bikin Bakso Enak dan Segar? Ini Caranya!

Proses diawali dengan membersihkan tulang sapi dan merebusnya. Tambahkan daun bawang, daun seledri ke dalam rebusan tulang sapi.

Bikin Bakso Enak dan Segar? Ini Caranya!
surya/ahmad pramudito
GM Hotel Singgasana Surabaya, Budhy Guntur Iriansyah (kanan) bersama Chef Hasan Solomon mendemonstrasikan cara memasak bakso yang segar dan nikmat. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bikin bakso yang nyaman ternyata tidak sulit. Bahan yang digunakan pun mudah didapatkan di pasar dan tidak lah mahal.

Untuk membuat pentol bakso bahan yang perlu disiapkan adalah daging giling, tepung tapioka, garam, extract chicken stock (bubuk kaldu ayam), gula. merica, telur, bawang putih, bawang merah goreng, dan air es (takaran lihat rincian di bawah).

Adapun bahan untuk membuat kuahnya terdiri dari air, seledri, bawang daun, bawang putih, garam, extract chicken stock (bubuk kaldu ayam), dan gula.

Proses diawali dengan membersihkan tulang sapi dan merebusnya. Tambahkan daun bawang, daun seledri ke dalam rebusan tulang sapi.

Tumis bawang putih yang telah dipotong lalu masukkan ke kaldu sapi yang sudah mendidih.

Tambahkan garam, extract chicken stock, dan gula ke dalam kuah. “Untuk mendapatkan kaldu yang jernih nyala api cukup dikecilkan,” ungkap Chef Hasan Solomon.

Proses merebus semua bahan untuk kuah ini dalam air selama 30 menit.

“Memang cukup lama agar muncul aroma segar dari seledri, bawang daun, serta bawang putihnya,” urainya.

Executive Chef Hotel Singgasana Surabaya ini menambahkan bila di permukaan air rebusan ini muncul busa segera dibersihkan.

“Dalam proses perebusan pasti timbul busa itu sebagai akibat panas air. Tinggal dibersihkan aja dengan sendok busanya itu,” cetusnya.

Halaman
12
Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help