Surya/
Home »

Sport

Berita Olahraga

88 Petarung Derajat Berebut Tiket Jadi Wakil Jatim di Popnas 2017

Sebanyak 88 petarung derajat di Jatim akan berebut tiket untuk menjadi perwakilan Jatim dalam Popnas 2017.

88 Petarung Derajat Berebut Tiket Jadi Wakil Jatim di Popnas 2017
Surabaya.tribunnews.com/Dya Ayu
Selekda POPNAS 2017 digelar Pengprov Keluarga Tarung Derajat (KODRAT) Jawa Timur di Gedung Tenis GOR Sidoarjo, Minggu (19/3/2017). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Sebanyak 88 petarung dari 15 Pengcab di Jawa Timur telah menjalani seleksi Daerah (Selekda) POPNAS 2017 yang diadakan Pengprov Keluarga Tarung Derajat (KODRAT) Jawa Timur di Gedung Tenis GOR Sidoarjo, Minggu (19/3/2017).

Selekda ini dilakukan untuk menyiapkan atlet yang akan tampil pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2017 di Semarang, September 2017 mendatang.

Dalam seleksi tersebut, para atlet menjalani materi seleksi, mulai materi teknik, fisik dan mental. Nantinya setelah seleksi ini akan diambil 36 atlet yang hasilnya akan diumumkan antara 2 hingga 3 hari mendatang.

"Dari 36 atlet nanti akan diambil 19 atlet untuk masuk tim inti dan sisanya menjadi tim pelapis. Namun kami akan berlakukan sistem promosi degradasi hinggi jelang POPNAS nanti. Artinya meski sudah lolos tapi kalau tidak latihan pasti posisi bisa digantikan atlet lain," kata Ketua Harian Pengprov Kodrat Jatim Erwin H Poedjono, Minggu (19/3/2017).

April 2017 mendatang. 36 atlet yang lolos seleksi akan diuji kembali dalam Piala Walikota Surabaya.

Dari situ akan terlihat kembali atlet-atlet yang bisa dipilih untuk POPNAS 2017 mendatang.

"Di event pelajar nanti bisa kami gunakan untuk melihat perkembangan atlet. Kalau lolos seleksi tapi di Piala Walikota tampil buruk pasti kami degradasi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Kodrat Jatim, Bambang Haryo yang juga datang dalam seleksi tersebut, memilih untuk memberikan motivasi pada atlet-atlet bahwa agar tidak berkecil hati ketika tidak lolos nantinya.

"Bagi yang lolos harus menjaga dan meningkatkan kemampuan. Bagi yang belum, masih ada kesempatan lagi," singkatnya.

Kepala Bidang Pengembangan Prestasi Dispora Jatim, Dudi Harijanto mengatakan bahwa dari hasil seleksi ini akan dijadikan salah satu landasan dalam menentukan target medali.

"Cabor tarung derajat ini baru pertama dipertandingkan resmi di POPNAS, setelah ini kita baru akan bicara target," tegasnya.

Penulis: Dya Ayu
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help