Surya/

Berita Olahraga

Tarung Derajat Jatim Gelar Selekda Demi Rebut Tiket POPNAS 2017

Menjelang dimulainya Popnas 2017 di Semarang, Kodrat Jatim mulai gencar mencari atlet yang akan menjadi wakil. Di antaranya dengan menggelar selekda.

Tarung Derajat Jatim Gelar Selekda Demi Rebut Tiket POPNAS 2017
Dokumen Kodrat Jatim
Penampilan petarung Pengprov Kodrat Jatim saat berlaga di nomor tarung dan nomor seni. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menjelang dilangsungkannya Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2017 di Semarang pada September 2017 mendatang, Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jatim akan membuka Seleksi Daerah (Selekda) 2017 di GOR Sidoarjo, Minggu (19/3/2017) mendatang.

Seleksi ini dilakukan karana sampai saat ini ambisi petarung muda Jawa Timur untuk menampilkan kemampuannya dalam bertarung sudah tak dapat dibendung.

Terbukti, meski seleksi belum digelar, lebih dari 82 petarung dipastikan telah siap berlaga. 

Disampaikan Ketua Harian Kodrat Jatim, Erwin H Poedjono, Selekda digelar untuk mencari petarung terbaik yang akan membawa nama Jatim di ajang POPNAS 2017.

Sebanyak 82 petarung yang mengikuti seleksi POPNAS berasal dari berbagai daerah.

Di antaranya Surabaya, Sidoarjo, Banyuwangi, Lamongan, Probolinggo, Bondowoso, Jember, Kota Kediri, Gresik, Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kota Malang.

Dari sekian banyak daerah tersebut, Pengcab Banyuwangi yang tercatat sebagai daerah paling banyak mengirim atletnya, yaitu 19 petarung.

"Di seleksi nanti, dari berbagai pengcab akan kami cari yang terbaik," kata Erwin H Poedjono, Ketua Harian Kodrat Jatim, Jumat (17/3/2017).

Rencananya, Pengprov Kodrat Jatim akan tampil di semua kelas yang akan dipertandingkan di POPNAS, termasuk kelas seni gerak. Nantinya untuk hal ini Kodrat Jatim masih akan melakukan koordinasi dengan Dispora Jatim terkait kuota.

"Kami pastikan Jatim tidak hanya akan tampil di nomor tarung saja, tapi di nomor seni juga. Nanti kami akan kordinasi dengan Dispora Jatim dulu, terkait kuota untuk tarung derajat," jelasnya.

Cabang olahraga tarung derajat sendiri baru resmi dipertandingkan di POPNAS tahun 2017 ini. Dua tahun sebelumnya hanya diadakan eksebisi.

Nantinya di POPNAS 2017, tarung derajat akan memperebutkan 17 medali emas, 17 emas tersebut terdiri dari 13 emas di nomor tarung bebas dan 4 emas pada nomor seni gerak.

"Tahun inikan pertama kalinya tarung derajat resmi di dipertandingkan di POPNAS, jadi tentu antusias Pengcab untuk mengirim atlet agar bisa merebut tiket POPNAS cukup tinggi, dan untuk peluang POPNAS ini kemampuannya merata karena masih skalanya tingkat pelajar," tutupnya.

Penulis: Dya Ayu
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help