Surya/
Grahadi

Beranda Grahadi

Gus Ipul Minta Kades Bisa Ciptakan Pemerintah Desa Bersih, Efisien dan Efektif

Pemerintah desa yang bersih juga harus ditunjang tertib administrasi sesuai ketentuan atau hukum yang berlaku. Hal ini untuk mencegah agar...

Gus Ipul Minta Kades Bisa Ciptakan Pemerintah Desa Bersih, Efisien dan Efektif
ist/Humas Pemprov Jatim
Gus Ipul dalam acara Pengukuhan Dewan Pimpinan Cabang P-APDESI (Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Lamongan, di Hotel Grand Mahkota, Lamongan, Kamis (16/03/2017). 

SURYA.co.id | LAMONGAN - Wakil Gubernur Jatim Drs H Saifullah Yusuf (Gus Ipul), meminta para kepala desa (kades) bisa menciptakan pemerintah desa yang bersih, efektif dan efisien. Sebab kades adalah penentu keberhasilan pembangunan desa dan bersentuhan secara langsung dengan rakyat.

"Pengaruh pemimpin sangat penting dalam perubahan dan pembangunan desa, termasuk kades yang dipilih langsung oleh rakyat. Apalagi, saat ini desa telah mendapat perhatian lebih dari pemerintah dan diatur dalam UU No 6 Tahun 20014," kata Gus Ipul pada acara Pengukuhan Dewan Pimpinan Cabang P-APDESI (Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Lamongan, di Hotel Grand Mahkota, Lamongan, Kamis (16/3/2017).

Gus Ipul menambahkan, melalui penerapan UU No 6 Tahun 2014 mengenai penyelenggaraan pemerintah desa, kades telah ditingkatkan perannnya serta diberi anggaran dana desa. Namun demikian, dalam pengelolaan dana desa, setiap kades harus memperhatikan aturan yang berlaku.

Karenanya, pemprov telah melakukan pelatihan terkait pengelolaan keuangan pada kades dan sekder seluruh Jatim.
Di samping itu, pemerintah juga selalu berusaha membuat payung hukum yang mewadahi agar kades tak sampai terkena masalah.

Dicontohkan, untuk kasus prona yang terjadi beberapa waktu lalu, memang proses pronanya gratis namun pra pronanya yang belum jelas. Karenanya, pemprov telah menyampaikan kepada Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal untuk segera dibuat payung hukumnya.

"Pemerintah desa yang bersih juga harus ditunjang tertib administrasi sesuai ketentuan atau hukum yang berlaku. Hal ini untuk mencegah agar kades dan perangkatnya tidak sampai tersangkut masalah yang tidak dikehendaki khususnya terkait hukum," terangnya.

Selain menciptkan pemdes yang bersih, Gus Ipul juga meminta agar kades bisa menggerakkan perekonomian di desanya. Sebab jika perekonomian desa meningkat maka tidak akan terjadi urbanisasi, karena kemakmuran masyarakatnya terjamin.

Untuk mewujudkan kemajuan ekonomi dibutuhkan kreativitas kades, yang mengetahui dengan detail potensi desanya. Apalagi, saat ini pemerintah pusat tengah menggalakkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Keberadaan BUMDes harus bisa dioptimalkan untuk mendatangkan keuntungan dan manfaat sebesar-besarya untuk masyarakat desa. Konsep yang digunakan nantinya dengan membuat alternatif pembiayaan, sehingga tak hanya mengandalkan APBD atau APBN," ungkapnya.

Gus Ipul juga berpesan agar kades fokus pada dua hal yakni menghadirkan SDM yang unggul dan pembangunan infrastruktur desa. Dalam rangka menciptakan SDM unggul harus diwujudkan melalui pendidikan berkualitas yang berbasis pada karakter dan akhlak. Sedangkan dalam hal pembangunan infrastruktur, kades dan jajarannya supaya berkoordinasi dan berkomunukasi dengan pemerintahan di atasnya, baik kecamatan dan kabupate/kota.

"Kades, camat, dan bupati/wali kota harus bersinergi dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur desa. Sebab jika pembangunan suatu desa berhasil maka kecamatan, kabupaten/kota serta provinsi juga akan berhasil," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Lamongan H Fadeli SH MM menyampaikan, Kabupaten Lamongan merupakan daerah kedua yang memiliki desa terbanyak di Jatim, yakni 462 desa. Untuk menunjang perekonomian pedesaan di Lamongan juga telah dibentuk 262 BUMDes, meski baru 195 yang aktif.

Selain itu Pemkab Lamongan juga membuat program keroyokan lintas instansi, seperti Gerakan Membangun Ekonomi Rakyat Lamongan Berbasis Pedesaan (Gemerlap).

"Pada pengurus DPC P-APDESI yang baru saja dilantik, saya pesan supaya segera membuat program yang bertujuan memajukan desa," ujarnya. (hms)

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help