Surya/

Ekonomi dan Bisnis

Sriwijaya Air Buka Rute Penerbangan Surabaya ke Lampung

Maskapai penerbangan Sriwijaya Air membuka rute penerbangan Surabaya - Lampung dan Lampung - Yogyakarta. Catat, ini jadwalnya...

Sriwijaya Air Buka Rute Penerbangan Surabaya ke Lampung
surabaya.tribunnews.com/Sugiharto
Senior Corporate Communications Manager PT Sriwijaya Air Group Agus Soedjono (kiri) dan Distrik Manager Sriwijaya Air Hendrik Ardiansyah, memberikan keterangan pers terkait pembukaan rute baru, di Surabaya, Kamis (16/03/2017). Sriwijaya Air akan melayani dua rute baru yakni Lampung - Yogyakarta PP dan Lampung - Surabaya PP mulai 22 Maret 2017. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Setelah meluncurkan rute penerbangan Surabaya - Jayapura akhir Februari 2017 lalu, Sriwijaya Air Group menambah rute dari Surabaya tujuan Lampung. Terbang perdana rute dari Jatim ke provinsi paling timur di Sumatera itu akan berlangsung mulai 22 Maret 2017 mendatang.

"Selain Surabaya - Lampung PP (Pulang Pergi), secara bersamaan kami juga terbang perdana untuk rute Lampung - Yogyakarta PP, " jelas Agus Soedjono, Senior Corporate Communications Manager PT Sriwijaya Air Group, di Surabaya, Kamis (16/3/2017).

Agus menyebutkan, pembukaan dua rute baru ini merupakan langkah strategis bisnis Sriwijaya Air Group untuk meningkatkan potensi dan memperluas pasar penerbangan domestik.

Apalagi berdasarkan catatan yang ada, konsumen pengguna jasa penerbangan  dari Lampung yang menuju ke Surabaya, yang selama ini harus transit dan ganti pesawat di Jakarta, cukup besar.

"Tidak hanya dari Sriwijaya, tapi juga maskapai lainnya. Sehingga kami berani membuka layanan ini, dengan optimisme penumpang akan terpenuhi sesuai target tingkat keterisian," tambah Hendrik Ardiansyah, Manager Sriwijaya Air Surabaya.

Rute baru ini dilayani dengan pesawat Boeing 737 300 berkapasitas 148 kursi. Terbang tiap hari dengan jadwal pukul 09.30 WIB dari Lampung, tiba di Surabaya pukul 11.00 WIB. Terbang kembali dari Surabaya pukul 11.50 WIB, tiba di Lampung pukul 13.20 WIB.  Sebagai tahap awal, harga tiket promo sekitar Rp 590.000.

Terkait pasar rute ini, Hendrik menyebutkan, Lampung dan Jatim punya historis atau sejarah dimana banyaknya masyarakat Jatim yang menjadi transmigran di Lampung.

"Jadi segmen awalnya kami melihat potenai Family Relations atau kunjungan antar keluarga. Tapi tidak menutup kemungkinan segmen penumpangnya adalah bisnis dan pleasure, mengingat potensi kedua daerah yang cukup bagus di dua sektor ini," jelas Hendrik.

Sedangkan untuk rute Lampung - Yogyakarta, diakui sebagai rute penumpang segmen wisata dan pendidikan. Terutama Yogyakarta. Rute ini dilayani dengan pesawat Boeing 737 300 dengan kapasitas 148 kursi. Jadwal terbang dari Lampung pukul 15.20 WIB, tiba di Yogyakarta 16.30 WIB dan kembali terbang ke Lampung pukul 16.55 WIB dan tiba pukul 18.20 WIB.

"Pengembangan dua rute baru ini optimis kami kembangkan. Dan upaya kami tidak hanya menyediakan layanan penerbangan saja, tapi kami juga optimalkan dengan upaya menggandeng travel agent dari dua wilayah ini. Promosikan wisata masing-masing daerah naik Sriwijaya Air, " tambah Agus.

Dalam kesempatan itu, Agus juga menyebutkan rencana bisnis Sriwijaya Air di tahun 2017 akan menambah tiga jenis pesawat. Mulai dari 12 unit Boeing 737 800 Next Generation, pesawat ATR, dan 2 pesawat wide body atau berbadan lebar. Dua pesawat wide body disiapkan untuk mengangkut jemaah umroh tujuan Jeddah.

"Sedangkan pesawat Boeing dan ATR, kami siapkan untuk pengembangan rute baru lainnya. Tapi memang belum bisa disampaikan, karena rute baru terkait juga dengan regulasi dari pemerintah sebagai pemilik dan penentu slot penerbangan," ungkap Agus.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help