Surya/

Liputan Khusus Bocah Berprestasi

Sekolah Swasta Tawarkan Beasiswa, Siap Tampung Siswa Berprestasi

Sekolah-sekolah swasta di Surabaya memberikan beasiswa kepada anak-anak yang memiliki prestasi nonakademik. Beberapa sekolah ini adalah contohnya...

Sekolah Swasta Tawarkan Beasiswa, Siap Tampung Siswa Berprestasi
the 10th circle
ilustrasi beasiswa 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sejumlah sekolah swasta di Surabaya ternyata membuka jalur khusus untuk penerimaan siswa baru yang memiliki prestasi nonakademis. Sekolah yang membuka jalur prestasi ini di antaranya SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dan Nation Star Academi School (NSA).

“Saat ini sedang dibuka jalur prestasi di sekolah kami. Program ini sengaja dibuka untuk menampung calon siswa yang memiliki prestasi di luar akademis,” ungkap RR Tanti Puspitorini, Waka Humas SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, Rabu (15/3/2017).

Prestasi nonakademis dari kejuaraan-kejuaraan yang digelar pemerintah memang lebih dipertimbangkan. Meski begitu, kejuaraan-kejuaraan yang diselenggarakan perguruan tinggi dan beberapa instansi lain juga tetap menjadi pertimbangan dalam penerimaan siswa lewat jalur khusus ini.

“Selain ada jalur khusus ketika masuk, sekolah juga selalu mengapresiasi siswa yang berprestasi selama menempuh pendidikan di SMA Muhammadiyah 2. Acara itu kami kemas pada Champion Day yang diselenggarakan setiap tahun,” katanya.

Semakin sering menjadi juara, siswa juga semakin banyak mendapat penghargaan dari sekolah. Sedangkan siswa yang menang dalam lomba tingkat nasional dan berkali-kali, bisa digratiskan SPP-nya selama satu tahun.

”Penghargaan ini merupakan program sekolah untuk mengapresiasi prestasi para siswa,” tandasnya.

Penerimaan siswa baru jalur prestasi ini juga diterapkan di Nation Star Academi School (NSA). Diceritakan Baresa Margi Mufti, Marketing Komunikasi NSA Surabaya, prestasi nonakademis yang bagus merupakan salah satu pertimbangan bagi sekolah untuk menerima calon siswa.

”Apalagi jika prestasi nonakademis itu dilengkapi dengan hasil tes akademis yang bagus, bisa-bisa malah mendapat beasiswa dari sekolah,” ujar Ica, panggilan Baresa Margi Mufti.

Jalur prestasi juga diterapkan di sekolah-sekolah yang dikelola pemerintah ketika proses pendaftaran peserta didik baru (PPDB). Namun, Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya, mulai tahun ini sudah tidak lagi menangani PPDB untuk jenjang SMA. Sebab, terhitung sejak Januari 2017, semua pengelolaan SMA/SMK sudah berpindah ke Dindik Provinsi.

“Secara umum sama, yang berprestasi akan ikut PPDB jalur khusus. Selain persyaratan umum, juga harus melampirkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) penduduk Kota Surabaya,” kata Kepala Dindik Kota Surabaya, Ikhsan. 

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help