Berita Sidoarjo

Cuma 17 Sekolah yang Siap, Dindikbud Sidoarjo Bertekad Gelar UNBK 100 Persen, begini Strateginya

Kepala Dindikbud Sidoarjo, Mustain Baladan, mengatakan Sidoarjo 100 persen akan menggelar UNBK.

Cuma 17 Sekolah yang Siap, Dindikbud Sidoarjo Bertekad Gelar UNBK 100 Persen, begini Strateginya
surya/miftah faridl
Kepala Dinas Pendidikan Mustain Baladan 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Dari 239 SMP yang ada di Sidoarjo, hanya 17 sekolah yang siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Namun, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Sidoarjo mengklaim akan menggelar UNBK untuk seluruh sekolah Kota Delta.

Kepala Dindikbud Sidoarjo, Mustain Baladan, mengatakan Sidoarjo 100 persen akan menggelar UNBK.

"Memang kami akui masih banyak sekolah yang belum siap UNBK. Namun, kami tak kehabisan akal. Nanti 100 persen UNBK," kata Mustain, Senin (13/3/2017).

Mustain menuturkan ada dua kebijakan yang diambil, yaitu meminjam komputer di SMA/SMK terdekat dan meminjam laptop wali murid.

Dijelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan SMA/SMK yang memiliki lab komputer yang representatif untuk digunakan siswa SMP/Mts terdekat secara bergantian.

"Jadi nanti digunakan SMP-SMP yang terdekat," sambungnya.

Namun, ada pula sebagian siswa yang bisa tetap UNBK di sekolahnya sendiri jika pihak orangtua meminjamkan laptopnya. Laptop tersebut akan dikarantina seminggu sebelum gelaran UNBK.

"Tinggal didata saja. Kalau hanya sedikit yang meminjamkan, ikut ke SMA/SMK saja," ujarnya.

Pihaknya akan membeli server untuk bisa digunakan di SMA-SMA. Meski lupa jumlah SMA/SMK yang akan dipinjam nanti, Mustain menjamin semua siswa SMP akan terwadahi.

Gelaran UNBK dinilai lebih murah secara logistik ketimbang Ujian Nasional (Unad) berbasis kertas.

Di samping pencetakan soal yang mahal, perlu dilakukan penjagaan ketat terhadap soal-soal tersebut saat dan ketika akan didistribusikan.

"Belum lagi harus mengundang pengawas dari universitas dan kepolisian. Untuk tahun ajaran ini, kami 100 persen UNBK sehingga tak perlu lagi repot tentang distribusi soal maupun penjagaannya," ucap Mustain.

Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help