Grahadi

Pemprov Jatim

Wagub Minta ITS Bikin Grand Design Transportasi Masa Depan Jatim

“Saya tidak ingin kita terlambat mengantisipasi kemacetan seperti di Jakarta."

Wagub Minta ITS Bikin Grand Design Transportasi Masa Depan Jatim
foto: Humas Pemprov Jatim
SAPUANGIN - Gus Ipul dalam acara launching Mobil Sapuangin XI EVO 1 ITS Surabaya di Frontage Road Dinas Perhubungan Jatim Jl A Yani Surabaya, Minggu (12/3/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur Drs H Saifullah Yusuf meminta Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya membuat grand design sistem transportasi masa depan Jatim.

Permintaan itu disampaikan Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim, saat Launching Mobil Sapuangin XI EVO 1 ITS Surabaya, di Frontage Road Dinas Perhubungan Jatim Jl A Yani Surabaya, Minggu (12/3/2017).

Gus Ipul mengatakan, transportasi di Jatim semakin padat. Pasalnya, seiring pertumbuhan ekonomi Jatim yang baik, jumlah manusia di Jatim makin banyak, jumlah kendaraan juga terus meningkat, tapi di sisi lain, pertumbuhan ruas jalan tak sebanding dengan pertumbuhan manusia dan kendaraan.

Karena itu, lanjut Gus Ipul, kita harus memikirkan inovasi untuk sistem transportasi masa depan, yakni mengintegrasikan transportasi untuk 100 km ke arah barat, 100 km ke arah selatan, 100 km ke arah timur, dan 100 km ke arah utara.

Tentunya, dengan sinergi bersama antara Pemprov, dan Pemkab/kota seluruh Jatim.

“Saya minta ITS membuat grand design sistem transportasi Jatim di masa depan. Saya tidak ingin kita terlambat mengantisipasi kemacetan seperti di Jakarta. Jika di sana ada subway, bukan tidak mungkin di sini juga ada. Untuk membuat grand design itu kita harus bersinergi, jangan sampai kota A transportasinya diurus dan sudah bagus, tapi kota B belum beres. Semua harus sejalan agar transportasi kita lancar di masa depan” katanya.

Secara khusus, Gus Ipul memuji ITS yang mampu menjadi andalan Indonesia karena sangat getol melakukan berbagai inovasi di bidang teknologi bermanfaat dan mampu berprestasi di tingkat dunia. Salah satunya adalah mobil irit bahan bakar yang dinamakan “Sapuangin”.

“Inovasi utama adalah teknologi, kita sangat menghargai karya-karya anak bangsa yang luar biasa. Di mana di tengah produksi minyak dan gas dunia berkurang, ITS mampu menciptakan mobil Sapuangin yang memiliki BBM sangat efisien, 1 liter bisa mencapai 400 kilometer. Bayangkan jika kita bisa memproduksinya secara massal, tentu kita bisa lebih hemat dalam konsumsi BBM dan ramah lingkungan. Terima kasih ITS,” pujinya.

Sedang Ketua Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Alumni ITS Jatim Dr Ir Wahid Wahyudi MT mengatakan, pihaknya ingin berperan aktif dalam membangun ITS sebagai perguruan tinggi ternama di tingkat dunia.

Karena itu, ia minta pengurus IKA ITS Jatim untuk tancap gas mewujudkan tujuan itu.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help