Surya/

Citizen Reporter

Begini Cara Mudah Membuat Anak Gemar Belajar

anak adalah peniru ulung.. mereka lebih mudah meniru ketimbang mendengar, sebaiknya orangtua menjadi contoh yang baik bagi anak-anak mereka...

Begini Cara Mudah Membuat Anak Gemar Belajar
px
ilustrasi 

Reportase : M Solikhan
Penulis/pegiat literasi/staf pengajar Sekolah Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo

MEMPUNYAI anak yang gemar belajar menjadi impian semua orangtua. Bagaimana cara mudah membuat anak gemar belajar sejak dini, itulah yang disampaikan Muhamad Yusuf di hadapan puluhan guru dan orangtua, Sabtu (11/3/2017) di SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo.

Penulis buku parenting dan konsultan pendidikan ini mengatakan anak adalah peniru ulung. Anak lebih mudah menirukan apa yang mereka lihat daripada yang mereka dengar. Agar anak gemar belajar, maka guru dan orangtua harus lebih dulu gemar belajar.

Tunjukkan sikap belajar saat di depan anak-anak. Misalnya membaca buku atau membaca koran. Jangan sampai saat menyuruh anak belajar, orangtuanya malah sedang asyik menonton sinetron di televisi atau bermain gadget. Sikap seperti ini akan menimbulkan kontra pada diri anak.

Saat anak belajar dengan baik, orangtua perlu memberikan reward kepada anak. Reward yang diberikan bisa bersifat intrinsik atau ekstrinsik. Reward intrinsik bisa berupa pujian tulus. Sampaikan terima kasih kepada anak karena telah belajar dengan baik dan tepat waktu.

Sedangkan penghargaan ekstrinsik bisa berupa hadiah buku, jalan-jalan, atau makan malam di luar bersama, imbuhnya.

Kesepakatan Bersama

Agar belajar menjadi kebiasaan pada diri anak, orangtua perlu membuat kesepakatan bersama anak agar anak merasa dihargai karena dilibatkan dalam pembuatannya. Membuat kesepakatan juga ada rambu-rambunya. Misalnya, peraturan seharusnya dinyatakan secara positif, singkat, harus bisa dilaksanakan, ada reward dan punishment.

Kegiatan yang berlangsung dua jam ini berlangsung menarik, karena tak hanya berisi presentasi materi tetapi juga diselingi dengan senam otak dan demonstrasi. Peserta tampak antusias mengikuti seminar. Terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta saat sesi tanya jawab.

Muji Astuti, peserta seminar menyebut, seminar yang bagus dan mudah dipraktikkan, materi yang disampaikan sangat membantu orangtua seperti dirinya yang mempunyai dua putra.

Humas SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo, Ririn Indrasari SPd menyebut, seminar parenting ini merupakan salah satu komitmen sekolah sebagai upaya menyinergikan sekolah dan orangtua dalam mendidik. Kesamaan pola asuh anak selama di sekolah dan di rumah merupakan kunci keberhasilan pendidikan anak.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help