Surya/

Citizen Reporter

Kreativitas Anak Bisa Dibangun Sedari Dini Lho

karena kreativitas itu bisa dilatih, bahkan sedari dini, maka ajarkan kepada anak-anak agar menjadi bekal mereka kelak saat dewasa ...

Kreativitas Anak Bisa Dibangun Sedari Dini Lho
khoirun nisak/citizen reporter
Menuangkan kreativitas lewat batik celup 

Reportase Khoirun Nisak SPd
Guru UPT SD TPI Gedangan Sidoarjo

“Kretif itu keterampilan bukan bakat, jadi bisa dilatih,” ujar Nurcholifatul Hidayati SPd SD, guru kelas VI SD Taman Pendidikan Islam (TPI) Gedangan, Sidoarjo.

BERANGKAT dari pernyataan tersebut, ia mengajak siswa kelas V dan VI SD TPI, belajar membatik dan menuangkan kreativitas, Sabtu (4/3/2017)  di teras ruang kelas SD TPI.

Lilik, sapaan akrab guru penyuka warna pastel ini menuturkan, “dalam diri anak-anak tersimpan banyak kemampuan yang harus digali agar anak-anak terbiasa dengan kegiatan kreatif dan akhirnya kelak mampu bersikap dan bertindak kreatif dalam menghadapi situasi apapun.”

Kegiatan membatik yang dilakukan pagi itu menggunakan teknik celup. Terlebih dahulu siswa diajak menyaksikan video pembuatan batik celup. Kemudian, Lilik membimbing dan mendampingi saat anak-anak praktik.

Abd Shomad SPd SD, Kepala SD TPI Gedangan,  menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, pembelajaran seperti ini memang sangat menarik, meskipun suasana agak gaduh. Dunia anak adalah dunia bermain.

"Saya mengapresiasi guru-guru yang sudah menggabungkan permainan dan pembelajaran,” ujarnya.

Secara berkelompok, siswa mempraktikkan langkah-langkah membatik. Terlebih dahulu dengan membasahi kain, melipat dan mengikat kain untuk menciptakan motif, serta menaburkan pewarna kain yang sudah dicampur dengan air. Rangkaian tahapan ini diakhiri dengan menjemur kain di halaman sekolah.

Seluruh siswa mengikuti kegiatan dengan antusias dan penuh keceriaan. Meski terkadang ada saja yang saling memercikkan air, namun mereka tetap semangat menuntaskan tugas.

Ulis Fajar Istyaningsih, SPd SD ikut angkat bicara. Salah satu tim penyusun kurikulum SD TPI ini menegaskan, “kegiatan ini salah satu bagian dari visi sekolah untuk membentuk generasi kreatif. Semoga ini akan bermanfaat kelak untuk masa depan mereka.”

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help