Surya/
Home »

Bisnis

» Makro

Ekonomi dan Bisnis

Pelindo III Sepakati Kerjasama Dengan 5 BUMN dan 1 Perusahaan Swasta

PT Pelindo III (Persero) melakukan kesepakatan dengan lima BUMN dan satu perusahaan swasta, Jumat (10/3/2017).

Pelindo III Sepakati Kerjasama Dengan 5 BUMN dan 1 Perusahaan Swasta
surabaya.tribunnews.com/Sri Handi Lestari
Direktur Utama Pelindo III, Orias Petrus Moedak (tengah) usai menandatangani nota kesepahaman dengan 5 BUMN dan satu perusahaan swasta sekaligus di Kantor Pusat Pelindo III Surabaya, Jumat (10/03/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Direktur Utama (Dirut) PT Pelindo III (Persero), Orias Petrus Moedak, Jumat (10/3/2017) melakukan penandatangan kerjasama (Memorandum of Understanding/MoU) dengan lima Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan satu perusahaan swasta sekaligus.

Lima BUMN itu meliputi PT Pelayaran Samudera Djakarta Lloyd (Persero), PT Perusahaan Gas Negara (Persero), PT Barata Indonesia (Persero), PT Pelni (Persero), dan Bulog. Sedangkan satu perusahaan swasta adalah PT Sriboga Flour Mill, perusahan yang bergerak di bidang produksi tepung terigu. 

"MoU ini kami lakukan secara cepat, dengan harapan satu hingga dua bulan sudah terealisasi," kata Orias, usai MoU yang digelar di kantor pusat Pelindo III.

Bersama PT Pelayaran Samudera Djakarta Dloyd (Persero), Pelindo III MoU untuk pengadaan kapal, terutama kapal tunda dan pandu.

"Karena kebutuhan kapal kami bisa untuk pertambahan atau mengganti kapal-kapal kami untuk mendukung kinerja yang lebih baik di tahun ini," jelas Orias didampingi Sunyoto, perwakilan dari PT Pelayaran Samudera Djakarta Dloyd (Persero).

Sedangkan dengan PT Barata Indonesia (Persero), yang bergerak dibidang pengadaan peralatan kepelabuhan atau crane.

"Daripada pesan keluar negeri, bisa dibuat lokal dengan spek yang sama dengan luar negeri dan sesuai kebutuhan Pelindo III akan sangat bermanfaat lagi," ungkap Orias.

Dengan PT PGN, Pelindo III sepakat untuk melakukan kerjasama terkait dengan pengelolaan gas alam cair (LNG) untuk mendukung kegiatan bisnis masing-masing. Kerjasama itu menyangkut bisnis pasokan gas bumi untuk operasional pelabuhan, pembangkit listrik, pemanfaatan dan pengembangan infrastrukut gas bumi dan gas alam cair (LNG).

Director of Commerce PGN, Danny Praditya menyebutkan, sebagai pemain utama bisnis gas bumi di Indonesia, PGN terus memperluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat.

“Dengan kerjasama ini kami dapat membantu Pelindo III dalam hal pemenuhan kebutuhan gas bumi di pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III,” kata Danny.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help