Surya/

Citizen Reporter

Kelir Mewarnai Literasi Mojokerto

dengan cara menyenangkan seperti ini menggugah kemampuan literasi anak muda terasa menggugah optimisme ...

Kelir Mewarnai Literasi Mojokerto
px
ilustrasi 

Reportase Anggi Putri
Pegiat literasi

SUKSES dengan Terminal Sastra yang digelar hingga edisi 33, Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Mojokerto merangkul sastrawan Mojokerto dan Jombang mengembangkan literasi untuk pelajar lewat Kelas Literasi Remaja atau Kelir.

Edisi keenam Kelir yang digelar pekan lalu diikuti 50 pelajar SMP Negeri 1 Sooko, Mojokerto membincangkan cerpen bertemakan kearifan lokal.

Dipandu Norman Panji, pegiat sastra Mojokerto sebagai moderator, Kelir berlangsung aktif. Beberapa siswa membaca puisi sebagai pembuka acara yang mendapat evaluasi Anggi Putri, pegiat sastra Jombang.

Kearifan lokal perlu dimasukkan ke dalam karya agar keberadaannya tak tergerus zaman dan dapat menyadarkan bahwa keindahan negeri ini tak hanya nampak oleh mata tetapi juga ada di dalam diri kita, saran Anggi saat mengevaluasi puisi karya peserta Kelir.

Berbeda dengan Terminal Sastra yang membincangkan karya, Kelir menghadirkan kegiatan segar lewat proses awal melahirkan karya.

Diawali dengan motivasi, sedikit penjabaran dan kegiatan inti praktik menulis di tempat yang diakhiri dengan evaluasi dan cara pembenahan karya-karya.

Sebagai apresiasi, lima karya terbaik mendapatkan buku yang diberikan secara cuma-cuma oleh Perpustakaan Mojokerto.

Kelihaian narasumber dan moderator dalam menciptakan suasana diskusi menjadikan peserta betah bahkan tidak rela mengakhiri kegiatan.

Pertanyaan terlontar hingga empat sesi menandakan antusias peserta dalam menggali ilmu lewat Kelir.

Acara seperti inilah yang seharusnya digencarkan demi memupuk jiwa literasi generasi muda sekaligus membangun anggapan bahwa belajar tak harus di dalam kelas. Belajar berliterasi bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, kapan pun, dan di manapun.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help