Surya/

Citizen Reporter

100 Topeng Betebaran di Desa Wisata Topeng Malangan

uniknya desa wisata Topeng Malangan ini adalah digerakkan masyarakat yang selama ini banyak menghabiskan hidupnya di jalanan ...

100 Topeng Betebaran di Desa Wisata Topeng Malangan
bagus rahmad saputra/citizen reporter
Desa wisata Topeng Malangan di Tlogawaru, Malang 

Reportase Bagus Rahmad Saputra
Mahasiswa Universitas Negeri Malang

 

DESAKU Menanti menjadi tajuk dalam desa wisata Topeng Malangan dengan memberdayakan warga jalanan untuk mandiri secara ekonomi dengan mengelola desa wisata tersebut.

Itu yang diharapkan Vasvahis, penanggungjawab program desa wisata Topeng Malangan yang dipusatkan di Kecamatan Tlogowaru, 10 Km dari pusat Kota Malang.

"Agar mereka tidak lagi hidup di jalanan," harap Vasvahis, yang juga pekerja sosial di Kementerian Sosial.

Pengunjung cukup mengisi buku presensi untuk dapat menikmati pesona desa wisata Topeng Malangan yang memiliki aneka spot foto menarik.

Desa wisata Topeng Malangan didirikan tahun 2016 silam berkat kerjasama Kementerian Sosial dengan Pemerintah Kota Malang, didukung sejumlah lembaga dan komunitas yang peduli dengan pemberdayaan masyarakat jalanan.

Diresmikan pada 14 Februari  2017, desa wisata Topeng Malangan diharapkan bisa menjadi tempat wisata baru kendati sejumlah fasilitas penunjang masih dalam tahap pembangunan.

Namun suguhan spot foto berupa dua topeng malangan berukuran besar dan seratus topeng Malangan berukuran kecil menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Pengunjung juga dapat belajar dan mengenal seperti apa kehidupan masyarakat jalanan setelah mereka direlokasi di desa wisata Topeng Malangan ini. Di sini, pengunjung juga dapat belajar membuat dan melukis topeng malangan sebagai cinderamata.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help