Citizen Reporter

Menikmati Pesona Bluri, Destinasi Wisata Luka Bumi

setelah ditambang habis-habisan dan bekasnya ditinggalkan begitu saja, alam masih memaafkan.. bahkan memberikan bonus berupa keindahan ..

Menikmati Pesona Bluri, Destinasi Wisata Luka Bumi
auliyau rohman/citizen reporter
Danau Bluri di Solokuro, Lamongan, indahnya luka bumi 

Reportase Auliyau Rohman
Mahasiwa Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

AWAL tahun 2017 ini, Desa Bluri, Kecamatan Solokuro, Lamongan, memiliki destinasi wisata berupa bekas galian tambang batu kapur yang biasa mereka sebut Puri.

Lubang tambang seluas lapangan sepakbola itu menjelma menjadi danau dengan pemandangan menawan. Air danau bening kehijauan berpagar dinding bukit kapur yang menjulang tegak lurus setinggi belasan meter.

Menurut warga sekitar, air danau ini berasal dari mata air yang muncul dari dasar bekas galian tambang. Bukit kapur Bluri ini hanya salah satu dari sekian banyak lokasi tambang kapur di Lamongan bagian utara. Dibandingkan bekas-bekas tambang lainnya, danau Bluri ini memang yang paling indah pemandangannya.

Kalau ingin melihat bekas tambang lain, dari Bluri bisa mampir ke bekas tambang di Paciran. Lokasinya berada di belakang Kantor Pemadam Kebakaran, sebelah barat Wisata Bahari Lamongan.

Bila masih ada siswa waktu, sempatkan mampir ke bekas tambang kapur di Desa Sedayulawas, Kecamatan Brondong.

Sepanjang pesisir Lamongan wilayahnya banyak berupa bukit-bukit kapur. Bukit inilah yang ditambang untuk diambil batuannya. Hasil utamanya adalah bata putih yang oleh warga setempat disebut saren.

Cara menambangnya cukup dengan digergaji mesin menjadi balok-balok batako. Sisa remah-remahnya menjadi batu makadam yang biasanya digunakan untuk mengurug jalanan tanah liat agar tidak becek. Bisa juga digunakan untuk kapur pertanian.

Bagi yang belum tahu Desa Bluri, desa ini bisa dijangkau dari Sukodadi maupun dari Jalan Daendels. Buat pengunjung yang berasal dari arah Babat dan Lamongan Kota, Desa Bluri bisa dijangkau dari Jalan Raya Sukodadi-Drajat, lewat Desa Banyubang, Kecamatan Solokuro.

Pengunjung yang melewati Jalan Daendels, desa ini bisa dijangkau lewat Desa Tlogosadang atau Banjarwati, Kecamatan Paciran.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help