Citizen Reporter

Berdaya bersama Youcan Empower Indonesia di Pelosok Negeri

jangan jadi jago kandang.. ayo keluar kawan dan lihatlah di sana banyak yang menanti karya dan sumbangsihmu karena berbagi itu sungguh berarti..

Berdaya bersama Youcan Empower Indonesia di Pelosok Negeri
yunaz ali akbar karaman/citizen reporter
Aksi kaum muda bersama Youcan Empower Indonesia 

Reportase Yunaz Ali Akbar Karaman
Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga/peserta Youcan Empower

 

KEGIATAN kepemudaan kini yang banyak mendapat perhatian adalah kegiatan yang bergerak pada pengabdian masyarakat di daerah pelosok. Seperti kegiatan yang dihelat Youth Center to Action for Nation (Youcan) Indonesia.

Atas nama kepedulian untuk mengabdi di pelosok negeri itulah yang menginisiasi Youcan Indonesa mengadakan Youcan Empower, Jumat (24/2/2017).

Di awal pendaftaran kegiatan ini mendapat antusiasme tinggi dari para pemuda Indonesia untuk mendaftarkan diri. Tercatat 5.992 orang yang mendaftar hingga hanya terpilih 49 orang yang diterjunkan ke lokasi pengabdian.

Youcan Empower tak hanya dilaksanakan di satu tempat pengabdian. Terdapat empat lokasi penerjunan pengabdian, yaitu Labuan Bajo, Raja Ampat, Lombok, dan Lebak Muncang.

Sebelum diterjunkan di empat lokasi berbeda, peserta terpilih melakukan pelatihan di DI Yogyakarta untuk mempersiapkan program-program yang akan diterapkan di lokasi penerjunan.

Peserta yang terpilih terdiri dari berbagai disiplin ilmu dan dibagi menjadi tiga bidang pengabdian berbeda, yaitu pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

Sebelumnya Youcan  Indonesia telah melakukan pendekatan kepada masyarakat di bakal lokasi penerjunan, sehingga peserta pengabdian telah memiliki gambaran program yang akan dilaksanakan di sana.

Selama empat hari seluruh peserta memiliki berbagai program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Seperti bidang pendidikan, banyak peserta penerjunan memilih program mengajar dan memberikan kelas inspirasi.

Di bidang kesehatan peserta memiliki program cek kesehatan dan pembagian obat secara gratis. Begitupun pada program ekonomi peserta memberikan pelatihan kewirausahaan dengan mengelola potensi alam yang ada.

Kegiatan semacam ini perlu digiatkan kembali dengan sasaran kaum muda Indonesia agar mengetahui bagaimana kehidupan masyarakat di pelosok negeri dan dengan tujuan untuk memahami arti kebhinekaan itu sendiri.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help