Surya/

Citizen Reporter

Jangan Hanya Bisa Menulis, Saatnya Berbicara dan Memfilmkannya

menulis bagi komunitas Forum Lingkar Pena wajib hukumnya.. menambah kemampuan menjadi keharusan, maka saatnya berbicara dan memfilmkan tulisan mereka

Jangan Hanya Bisa Menulis, Saatnya Berbicara dan Memfilmkannya
px
ilustrasi 

Reportase M Hasyim Azhari
Pegiat literasi/santri di Ponpes Ulul Albab Candipuro Lumajang

PEPATAH mengatakan, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Mungkin ini yang menjadi landasan Forum Lingkar Pena (FLP) Jawa Timur mengadakan upgrading.

Diagendakan setiap enam bulan sekali, dan upgrading dua hari, Sabtu-Ahad (25-26/2/2017) di BLK Pasuruan itu merupakan kali kedua diadakan dengan materi public speaking, editing, dan film pendek.

Dihelat FLP Pasuruan, upgrading diikuti delegasi dari setiap cabang FLP. "Saya harap dengan adanya acara ini kemampuan kita bisa meningkat, karena anggota FLP bukan hanya bisa menulis saja, tapi lebih dari itu,” harap Marta Wahani Patriany, ketua panitia acara.

Maka, Nur Muhammad Dian yang membagikan ilmu public speaking bahwa setiap orang bisa berbicara dengan baik dan menyenangkan.

“Jika kaku dan garing ketika berbicara di depan umum, maka sesungguhnya public speaking itu berbicara dan (mem)pesona,” jelasnya.

Dian mengingatkan, sebelum berbicara di depan umum yang harus dipersiapan adalah tujuan berbicara, materi yang akan disampaikan, (ber)karisma dan aksi panggung yang menawan.

“Semuanya harus ada dan berkesinambungan antara yang satu dengan yang lain, jangan sampai pendengar bingung dengan yang disampaikan," ingatnya.

Sementara M Husnaini yang memaparkan materi editing, menyiapkan word kosong, “kita langsung praktik, karena kita memang akan belajar editing.”

Penulis buku Allah Pun Tertawa Melihat Kita itu rinci memaparkan masalah editing, titik koma, besar huruf kalimat, kata baku, dan sebagainya.

Halaman
12
Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help