Surya/
Grahadi

Pemprov Jatim

Gus Ipul: Semangat Mendonor Warga Jatim Luar Biasa

“Saya bangga luar biasa sekaligus mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Jatim karena semangatnya luar biasa," ucap Gus Ipul.

Gus Ipul: Semangat Mendonor Warga Jatim Luar Biasa
foto: Humas Pemprov Jatim
DONOR - Gus Ipul dalam acara “Indonesia Berdonor”, di Kantor RRI Surabaya, Rabu (8/3/2017).  

SURYA.co.id | SURABAYA - Wakil Gubernur Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf sangat bangga dan mengapresiasi masyarakat Jatim atas semangatnya melakukan donor darah.

Hal ini terbukti, pada tahun 2016 lalu, dari total 846 orang yang mendapat penghargaan satya lencana kebaktian sosial dari Presiden RI, 331 orang berasal dari Jatim.

Penghargaan satya lencana kebaktian sosial ini merupakan penghargaan dari Presiden RI bagi orang-orang yang telah mendonorkan darahnya antara 75 kali sampai 100 kali, bahkan lebih.

“Saya bangga luar biasa sekaligus mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Jatim karena semangatnya luar biasa. Dan Jatim menjadi provinsi dengan jumlah pendonor terbanyak penerima penghargaan itu,” kata Gus Ipul, sapaan lekat Wagub Jatim saat membuka kegiatan “Indonesia Berdonor” di Kantor Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya, Rabu (8/3/2017). 

Menurutnya, dengan banyaknya warga Jatim memperoleh penghargaan dari Presiden RI, hal ini mampu memacu masyarakat lainnya agar ikut mendonorkan darahnya secara rutin.
“Saya harap banyak masyarakat meniru mereka-mereka yang telah rutin menyumbangkan darah hingga lebih dari 100 kali,” katanya. 

Gus Ipul mengatakan, pada 2016 lalu, stok kebutuhan darah di Jatim 682 ribu kantong, di mana kebutuhan provinsi Jatim hanya 540 ribu kantong.

Sehingga sisanya dikirim ke beberapa rovinsi.  

“Ini artinya kita bisa menyuplai dan menolong mereka di luar Provinsi Jatim, ini pekerjaan kemanusiaan yang luar biasa,” ungkapnya.

Ditambahkannya, beberapa Rumah Sakit (RS) di Jatim memiliki stok darah yang cukup, bahkan lebih. 

Contohnya, di RS Dr Soetomo Surabaya, ada 60.000 stok kantong darah per tahun, dan RS Saiful Anwar Malang memiliki stok darah 48.000 kantong per tahun.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help