Surya/
Grahadi

Pemprov Jatim

Apapun Kondisinya Siswa harus Tetap Ujian

Menurut Karo Humas, atas permintaan Kadisdik Jatim, tiga orang tersebut tidak ditahan oleh Polres Jember.

Apapun Kondisinya Siswa harus Tetap Ujian
foto:istimewa
Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim Drs Benny Sampir Wanto 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepala Biro Humas Pemprov Jatim Benny Sampir Wanto menyatakan keprihatinannya atas kejadian penangkapan kepala sekolah SMKN 8 Jember bersama dua wakilnya oleh Tim Saber Pungli Polres Jember, Selasa (7/3/2017).

"Apapun kondisinya, siswa harus tetap ujian. Ini telah disampaikan Pak Gubernur. Pak Saiful Rahman (Kepala Dinas Pendidikan Jatim) juga telah berkali-kali menegaskan tentang hal tersebut di berbagai kesempatan," ujarnya.

Ia mengibaratkan anak sekolah ujian seperti orang sakit keras masuk rumah sakit, yang tidak mungkin rumah sakit menanyakan uang ketika mereka masuk instalasi gawat darurat (IGD).

Oleh karena itu, lanjut Benny, kejadian di Jember ini menjadi pembelajaran bagi para kasek dan unsur pendidikan yang lain di Jatim untuk tidak melakukan hal sama.

Menurut Karo Humas, atas permintaan Kadisdik Jatim, tiga orang tersebut tidak ditahan oleh Polres Jember.

Ini dimaksudkan agar ujian berjalan dengan kondusif.

Sebab, serangkaian kegiatan ujian sedang dan akan berlangsung dalam waktu dekat, yaitu ujian kompetensi dan keahlian (UKK) yang saat ini berjalan, selanjutnya diikuti USBN pada 20 Maret, dan UNAS.

Benny menjelaskan, penangkapan tersebut bermula dari seminggu sebelumnya pihak sekolah dan komite memutuskan untuk menarik pungutan UKK sebesar Rp1 juta/siswa.
Sayangnya, rencana kegiatan atau RKS sekolah belum memperoleh persetujuan atau tandatangan Kadisdik Jatim.

" Kesalahannya, belum ada persetujuan dari Kadisdik, apakah sesuai dengan usulan, dikurangi atau ditambahi, tetapi pihak sekolah telah menarik pungutan ke orangtua siswa," jelasnya.

Diceritakan, dari jumlah murid yang ada, terdapat dua siswa belum membayar dan pihak sekolah meminta pulang agar orangtuanya ke sekolah.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help