Surya/
Grahadi

Pemprov Jatim

Gus Ipul: Jatim Targetkan 100 Persen Pelaksanaan UNBK SMA & SMK Tahun ini

“Inilah keinginan Jatim untuk pertama kalinya menyelenggarakan UNBK dengan target 100 persen."

Gus Ipul: Jatim Targetkan 100 Persen Pelaksanaan UNBK SMA & SMK Tahun ini
foto: Humas Pemprov Jatim
RAKOR UNBK - Gus Ipul saat Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan UNBK Tahun 2017 di ruang kerja Wagub Jatim, di Kantor Gubernur Jatim Jl Pahlawan Surabaya, Senin (6/3/2017) siang. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemprov Jatim menargetkan 100 persen pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA dan SMK tahun 2017.

Berbagai persiapan dilakukan guna mendukung pelaksanaan UNBK SMK yang dilaksanakan pada 3-6 April 2017, SMA yang dilaksanakan tanggal 10-13 April 2017, dan ujian susulan pada 18-19 April 2017.

“Inilah keinginan Jatim untuk pertama kalinya menyelenggarakan UNBK dengan target 100 persen. Setelah dilihat satu per satu, hanya 12 SMA yang tersebar di beberapa kepulauan belum bisa melaksanakan UNBK tahun ini. Selebihnya, alhamdulillah sudah siap dan bisa sukses,” ujar Wakil Gubernur Jatim Drs H Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat Rapat Koordinasi Persiapan UNBK Tahun 2017 di ruang kerja Wagub Jatim di Kantor Gubernur Jatim Jl Pahlawan Surabaya, Senin (6/3/2017).

Ia mengatakan, secara umum sudah dilakukan kesiapan yang baik terutama pada tiga hal yakni perangkat komputer di semua lembaga, pasokan listrik, dan koneksi internet.
Tentunya hal tersebut memerlukan dukungan dari Telkom dan PLN guna menyukseskan pelaksanaan UNBK SMA dan SMK di Jatim.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Jatim, Gus Ipul menjelaskan, untuk tahun ini terdapat 3.252 lembaga SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah dengan 446.152 siswa tersebar di 38 kabupaten/kota di Jatim melaksanakan UNBK.

Jumlah lembaga yang mengikuti UNBK di Jatim tahun ini lebih meningkat dibandingkan tahun lalu hanya 1.300 lembaga atau sekitar 60 persen.

Gus Ipul berharap, minggu depan bisa dilaksanakan apel siaga Persiapan UNBK 2017 yang diikuti berbagai stakeholder seperti Dispendik, PLN, Telkom, kepala sekolah, guru, maupun program operator.

Mengenai penggunaan laptop pribadi siswa, Gus Ipul menjelaskan, terdapat ketentuan dari Dinas Pendidikan Jatim untuk mengarantina laptop selama seminggu sebelum pelaksanaan UNBK di sekolah.

Tujuannya agar bebas virus dan tidak mengganggu koneksi internet.

Pada kesempatan sama, Manager Komunikasi, Hukum, dan Distribusi PT PLN (Persero) Distribusi Jatim, Wisnu Yulianto mengatakan, PLN Jatim siap mendukung kesuksesan UNBK Tahun 2017.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help