Surya/

Kesehatan

VIDEO - Jangan Sembarangan Membersihkan Telinga, inilah Cara yang Benar

Membersihkan telinga ternyata bukan urusan yang mudah. Diperlukan cara khusus agar telinga tidak malah mengalami masalah karena cara yang salah.

SURYA.co.id | SURABAYA - Memperingati Hari Pendengaran Nasional, 3 Maret 2017, Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (PGPKT) secara serentak menggelar acara bersih-bersih telinga. Salah satunya adalah Surabaya. Acara berlangsung di Jala Puspa, RSAL dr Ramelan.

Laksma TNI (Purn) dr. Sulantari, Sp. T. H. T. K. L, Ketua Komite Daerah PGPKT Surabaya menuturkan, hal-hal sepele yang sering terjadi dan dilakukan masyarakat, sebenarnya justru membuat pendengaran bermasalah.

Salah satunya adalah karena kurangnya pengetahuan cara membersihkan telingan dengan benar.

"Pemakaian cotton bud itu sebenarnya tidak kami anjurkan. Karena masyarakat juga kadang salah juga cara membersihkannya. Mereka korek, sodok-sodok, sehingga kotoran malah masuk ke dalam," katanya.

Sebagai contoh, di video Sulantari menunjukkan cara yang benar menggunakan cotton bad. Yaitu dengan gerakan menarik kotoran keluar telinga.

"Kalau kotoran terlanjur masuk lebih dalam, bisa menyebabkan kurangnya daya tangkap pendengaran. Lebih bahaya lagi jika mengeras di liang dalam. Jika ragu membersihkan sendiri, bisa pergi ke dokter umum setiap 3 bulan sekali. Atau jika telinga dalam keadaan bersih, bisa 6 bulan sekali," jelasnya, Jumat (3/2/2017)

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help