Wisata Syariah Pulau Santen

VIDEO - Destinasi Wisata Syariah Dekat Eks Lokalisasi di Banyuwangi

PANTAI SYARIAH. "Dulu image di daerah ini terkenal sebagai tempat lokalisasi," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi Kota, Banyuwangi, dulu dikenal sebagai salah satu tempat lokalisasi.

Di tempat ini dulu terkenal lokalisasi Pakem. Namun telah resmi ditutup sejak 2013 lalu. Kini, di dekat bekas lokalisasi, dibangun wisata syariah, Pantai Pulau Santen.

"Dulu image di daerah ini terkenal sebagai tempat lokalisasi," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Kamis (2/3/2016).

Pulau Santen lokasinya strategis, karena terletak di kota Banyuwangi. Pulau Santen selama ini tidak terkelola dengan baik. Pulau ini terlihat kotor. Menurut Anas secara bertahap Pemkab menata dan kini terlihat bersih.

Bangunan-bangunan liar yang dulu banyak berdiri di pulau ini dipindah. Jembatan menuju Pulau Santen dicat merah muda.

Didirikan musala yang terbuat dari bambu, dan ditanami tanaman-tanaman. Di bibir pantai dipasang payung-payung pantai, untuk tempat berteduh.

Akhirnya, Kamis (2/3), Pulau Santen secara resmi dilaunching untuk wisata syariah. Anas mengatakan, langkah ini untuk mensegmentasi wisata.

"Selain itu untuk memanjakan wanita," kata Anas.

Anas mengatakan, wisata syariah yang masuk dalam halal tourism kini berkembang di berbagai negara. Bahkan, Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim justru bisa dibilang tertinggal dalam mengembangkan halal tourism.

"Finlndia, Australia, Kanada, Inggris, Perancis dan negara-negara wisata lainnya mengembangkan halal tourism," kata Anas.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help