Berita Gresik

Warga Desa Ini Kaget saat Anggota Koramil Kebomas Gresik Tiba-tiba Tanam Padi, Ternyata. . .

Jajaran Koramil Kebomas 'terjun' langsung ke sawah menanam bibit padi di lahan warga Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas.

Warga Desa Ini Kaget saat Anggota Koramil Kebomas Gresik Tiba-tiba Tanam Padi, Ternyata. . .
surya/sugiyono
Koramil Kebomas menanam bibit padi di lahan milik Pak Run ( 80 ), warga Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas, Rabu (1/3/2017). 

SURYA.co.id | GRESIK - Jajaran Koramil Kebomas 'terjun' langsung ke sawah menanam bibit padi di lahan milik Pak Run (80), warga Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas.

Harapannya, petani dapat membantu meningkatkan swasembada pangan.

Komandan Koramil (Danramil) Kebomas Kapt Sali bersama 10 anggota ikut membantu menanam benih padi, dengan berkostum kaos doreng, sebagai lambang kesatuan TNI.

Tujuannya, selain membantu petani agar cepat selesai menanam benih padi, diharapkan dari hasil panen bisa menambah lumbung pangan bagi ketahanan pangan nasional.

"Ini untuk membantu petani dalam menanam benih padi. Sehingga, dapat mencukupi kebutuhan pangan bagi warga sendiri dan dapat mencukupi kebutuhan pangan nasional," kata Sali, usai menanam benih padi, Rabu (1/3/2017).

Anggota TNI yang tiba-tiba membantu menanam benih padi di sawah Pak Run, membuat warga Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas heran, termasuk pemilik sawah.

"Saya tidak mengundang pak TNI untuk membantu menanam padi. Tiba-tiba datang sendiri, saya ya heran," kata Pak Run.

Sementara, pendamping petani lapangan (PPL) Dinas Pertanian Kabupaten Gresik Zetti Ayu Sita (41), mengatakan sangat senang dengan kinerja TNI yang turun ke petani secara langsung membantu terwujudnya lumbung pangan di Gresik dan secara nasional.

Apalagi, cara menanam padi, selama ini petani hanya mengandalkan pengalaman yang didapat secara turun temurun dari orang tuanya.

"Kita bersyukur ada TNI terjun langsung ke sawah dengan mengajarkan para petani menanam padi dengan cara jajar legowo. Sehingga potensial panen bisa meningkat," kata Zetti.

Penulis: Sugiyono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved