Berita Surabaya

Libatkan Pengembang, Tambah Jalan di Bundaran PTC untuk Atasi Kemacetan

Menurutnya bundaran yang saat ini dibangun itu adalah rencana jangka pendek agar kepadatan di sana segera terurai.

Libatkan Pengembang, Tambah Jalan di Bundaran PTC untuk Atasi Kemacetan
surya/fatimatuz zahroh
Tambah kapasitas jalan di kawasan Bundaran PTC untuk mengatasi kemacetan. Pembangunan jalan ini dibantu sejumlah pengembang di wilayah Surabaya Barat. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepadatan lalu lintas di kawasan bundaran PTC dan sekitarnya tak lepas dari perhatian Pemerintah Kota Surabaya.

Saat ini pemkot mulai melakukan pembangunan jalan di titik tersebut.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Eri Cahyadi mengatakan, cara yang ditempuh untuk mengurai kepadatan itu adalah dengan membuat bundaran kecil.

"Bundaran itu akan dibuat untuk menambah kapasitas jalan agar dari Jalan Mayjend Yono Suwoyo barat ke timur tidak harus macet," kata Eri.

Menurutnya bundaran yang saat ini dibangun itu adalah rencana jangka pendek agar kepadatan di sana segera terurai.

Nanti, di sana masih akan dibangun bundaran yang lebih besar lengkap dengan underpass. Dengan lebar sampai 40 meter.

Sedangkan untuk bundaran kecil yang saat ini dibangun adalah untuk langkah cepat sebelum membuat underpass yang dimungkinkan membutuhkan waktu lebih lama.

"Kalau saat ini, yang membangun jalan tersebut adalah pengembang. Yaitu Pakuwon, Adhi Baladika, Intiland sama Citraland," kata Eri.

Lebar jalan yang kini dikerjakan cukup besar. Muat untuk menampung dua lajur roda empat dan satu lajur roda dua.

Menurut Eri pemkot melibatkan pengembang dalam pembangunan jalan ini lantaran tanah di titik tersebut adalah lahan konsorsium sejumlah pengembang.

Total lahan milik pengembang yang akan dipakai untuk pembangunan jalan bundaran PTC itu ada seluas 28.183 meter persegi.

"Yang tau progres penyelesaian jalannya di Dinas PU Bina Marga dan Pematusan. Namun yang jelas dalam waktu dekat, bundaran kecil itu setidaknya akan menolong mengurai kemacetan di bundaran PTC," pungkas Eri.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help