Berita Sidoarjo

Ditarget 90 Persen Sekolah Gelar UNBK Tahun Depan, begini Reaksi Pemkot Sidoarjo

Muhajir mengakaui penggunaan komputer untuk Unas dan US merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ditarget 90 Persen Sekolah Gelar UNBK Tahun Depan, begini Reaksi Pemkot Sidoarjo
surya/irwan syairwan
Prof Muhadjir Effendy 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Muhadjir Effendy menargetkan pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) dan ujian sekolah (US) se-Indonesia tahun ajaran 2018/2019 sudah berbasis komputer atau UNBK dan USBN.

Muhadjir menyatakan hal ini saat sidak percetakan naskah Unas di PT Jasuindo Tiga Perkasa (JTP), Senin (28/2/2017).

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini mengakaui penggunaan komputer untuk Unas dan US merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Karena keamanan dan integritas UNBK dan USBN lebih terjamin. Kami targetkan tahun ajaran mendatang sudah 90 persen gelaran Unas dan US harus sudah terkomputerisasi," kata Muhadjir.

Dia juga mengakui ada peningkatan signifikan pada gelaran UNBK kali ini. Diungkapkan, tahun sebelumnya hanya sekitar 4.000 sekolah yang menggelar UNBK.

Namun, pada tahun ajaran ini terjadi peningkatan tiga kali lipat,yaitu sekitar 12.000 lembaga sekolah yang menggelar UNBK.

"Yang jenjang SMA sudah mencapai 80 persen, sementara yang SMP sudah 60 persen. Tahun depan setidaknya harus 90 persen," sambungnya.

Terkait sidak, Muhadjir menyatakan persiapan Unas sudah masuk tahap finalisasi. Sekitar 70 persen persiapan sudah selesai, tinggal melakukan distribusi soal ke berbagai wilayah dari percetakan pemenang tender.

Untuk percetakan JTP, Muhadjir yang juga pengamat militer ini menyatakan persiapan bisa dikatakan selesai kerena sudah melakukan pengiriman soal.

"Tiap percetakan pemenang tender kami tugaskan mencetak soal Unas hanya untuk enam provinsi. Hal ini agar proses pengerjaan cepat selesai dan tepat waktu. Untuk JTP sendiri, melayani Jatim, Banten, Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara," paparnya.

Halaman
12
Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help