Surya/

Travel

Bersantai Melepas Penat di Sendang Banyu Biru di Desa Lowayu Gresik

Desa Lowayu, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, memiliki destinasi wisata murah meriah yang layak dikunjungi untuk relaksasi, Sedang Banyu Biru...

Bersantai Melepas Penat di Sendang Banyu Biru di Desa Lowayu Gresik
surabaya.tribunnews.com/Mohammad Romadoni
Sendang Banyu Biru di desa Lowayu, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik. 

SURYA.co.id | GRESIK - Hujan yang deras mengguyur wilayah Desa Lowayu, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Minggu (26/2/2017) membuat volume air Sendang Banyu Biru meningkat. 

Meski demikian, Banyu Biru, begitu warga setempat menyebutnya, tak kehilangan keindahannya. Masih sedap dipandang mata. 

Sendang Banyu Biru. Kolam ini dinamai demikian karena kandungan airnya yang berwarna biru segar. 

Sendang yang memiliki kandungan belerang ini berada di sisi bagian barat kabupaten Gresik. Kurang lebih 40 km jaraknya dari pusat kabupaten Gresik

Sampai kini, warga setempat belum ada yang tahu dan bisa menjelaskan, bagaimana sendang itu bisa mengandung belerang. Apalagi  di sekeliling kawasan itu, hanya ada hamparan tambak dan rumah-rumah warga. 

Miftahul Yahya (29), warga setempat, mengatakan Banyu Biru sudah ada sejak dulu dan memang sudah seperti itu. Airnya mengandung belerang dan berwarna biru.

"Banyu Biru tidak pernah surut meski sedang musim kemarau," kata Miftahul Yahya saat ditemui SURYA.co.id di lokasi, Senin (27/2/2017).

Menurut Miftahul, warga setempat percaya bahwa air Banyu Biru bisa mengobati penyakit gatal. Hal itu ditengarai karena air Banyu Biru mempunyai sifat asam yang terkandung belerang.

"Sudah banyak orang membuktikannya. Saya juga mempercayainya," ungkapnya.

Untuk masuk di kawasan Banyu Biru tidak dipungut biaya sepeser pun. Para pelancong bebas menikmati pemandangan di sekitar, sembari merendam kaki di Sendang Banyu Biru.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help