Surya/

Persona

Vivi Sofia : Dari Berniaga Mesin Kopi, Kini Jadi Trainer Barista dan Bangun Cafe Kopi

Berawal dari tenaga penjualan mesin kopi, Vivi Sofia kini sukses menjadi pengusaha kafe dan trainer barista. Begini petualangannya di dunia kopi.

Vivi Sofia : Dari Berniaga Mesin Kopi, Kini Jadi Trainer Barista dan Bangun Cafe Kopi
surabaya.tribunnews.com/Ahmad Zaimul Haq
Vivi Sofia, owner dan pengelola % by Simply Brew MaxOne Hotel Dharmahusada, Surabaya. 

Belajar tentang kopi, ternyata tidak hanya membaca atau mencicipi aneka jenis kopi. Tapi juga harus jago menilai, menyeleksi, hingga meramu kopi untuk menghasilkan rasa yang khas dan berbeda dalam setiap seduhan.

SURYA.co.id | SURABAYA - Kamis (16/2/2017), Vivi Sofia terlihat asyik berkutat di balik meja bartender di cafe % by Simply Brew, MaxOne Hotel Dharmahusada, Surabaya.

Bersama dua pria berseragam bartender, Vivi asyik meracik, roasting, kemudian menghirup aroma kopi yang sudah diseduh dengan takaran dan suhu air tertentu. Setelah itu, kopi itu diseruputnya dengan pelan. 

"Kok masih ada pahitnya ya ko. Coba tambah krem," kata Vivi kepada salah satu bartender, yang ternyata adalah anak sulungnya, Kenneth Wijaya.

Setelah mengatakan demikian, diskusi seputar hasil racikan itu berlangsung. Kenneth dan rekannya, terlihat seksama memperhatikan apa yang disampaikan VIvi. 

"Oke diingat dulu. Temperatur airnya harus konsisten," petunjuk Vivi.

Setelah berdiskusi, wanita kelahiran Pasuruan, 28 September ini menerima Surya dengan ramah.

Vivi Sofia
Vivi Sofia (surabaya.tribunnews.com/Ahmad Zaimul Haq)

"Ya, saya kalau sudah soal kopi memang asyik. Kami selalu merasakan racikan yang pas untuk disajikan istimewa di cafe kami," cerita Vivi mengawali.

Vivi mengungkapkan, Cafe % by Simply Brew  merupakan cabang baru dari cafe Simply Brew yang dikelola Vivi di kawasan Sanur, Bali.

"Saya sebenarnya tidak tertarik membuka cafe kopi. Saya hanya hobi roasting biji kopi, kemudian membuat racikan, lalu saya suguhkan ke teman dan saudara. Ternyata banyak yang suka dan banyak yang mendorong untuk membuka cafe. Akhirnya saya buka cafe kopi Simply Brew ini," tuturnya. 

Halaman
1234
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help