Surya/

Taiwan

VIDEO - Reportase dari Taiwan, Belasan Juta Orang Lihat Festival Lentera

Taiwan Lantern Festival 2017 menarik lebih dari 11 juta wisatawan lokal maupun asing. Ini video laporan reporter SURYA.co.id dari Taiwan.

SURYA.co.id | YUNLIN - Aneka bentuk lentera menyambut wisatawan ketika memasuki area Taiwan Lantern Festival 2017 di Yunlin, salah satu kota di Taiwan, Minggu (19/2/2017) malam. Tadi malam merupakan hari terakhir festival itu digelar.

Surya berkesempatan melihat festival tahunan itu atas undangan Kementerian Luar Negeri Taiwan. Festival lentera terbesar itu digelar selama sembilan hari.

Hari terakhir festival menarik banyak orang memadati area luas tersebut. Berdasarkan data dari panitia, Taiwan Lantern Festival 2017 menarik lebih dari 11 juta wisatawan baik lokal maupun asing. Sebab hingga 18 Februari, data pengunjung mencapai 9.416.425 orang.

"Sampai penutupan malam ini saya kira bisa sampai 11 juta orang," ujar Tsao E-Shu, Section Chief di Divisi Hubungan Internasional Biro Pariwisata Kementerian Perhubungan dan Komunikasi Taiwan kepada Surya, Minggu (19/2/2017) malam.

Tsao mengakui Festival Lentera menjadi penyumbang terbanyak wisatawan. Ia juga mengakui adanya festival ini, wisatawan asing pun meningkat yang masuk ke Taiwan.

"Ya, saya harap memang banyak," lanjutnya.

Festival Lentera merupakan festival tahunan di Taiwan. Festival ini diadakan untuk memeriahkan Imlek, atau Tahun Baru China. Tahun ini festival diadakan selama sembilan hari, di Yunlin.

Festival ini menarik ribuan bahkan jutaan warga Taiwan karena menjadi festival terbesar. Tempat festival juga selalu berpindah. Meskipun berpindah, festival ini selalu menjadi kegiatan pariwisata andalan Taiwan.

Tahun 2018, menurut Tsao, Taiwan Lantern Festival akan diadakan di Chiayi, kota tetangga Yunlin.

Dan berada di area Lantern Festival seperti berada di area bermain cahaya. Lentera yang terang itu memiliki bentuk aneka ragam, antara lain pemain baseball, keluarga petani juga kerajaan China, ada juga singa juga lantern bertema dunia anak-anak.

Tak lupa sebuah lentera maskot berbentuk ayam api raksasa menyala di dekat panggung utama. Lentera itu menjadi pusat pemandangan siapapun yang melihat penampilan sejumlah penari di panggung penutupan.

Seperti halnya mobil hias di Indonesia, beberapa karakter lentera ditata di sebuah kendaraan beroda sehingga bisa digerakkan. Lentera ini berjajar rapi di area.

"Silakan datang lagi di Taiwan Lantern Festival tahun depan," ajak Tsao sambil tersenyum. 

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help