Surya/

Kuliner

Ricotta, Cheese Cake Lembut Ala Jepang, Siapa Sangka 3 Mahasiswi Ini yang Mencetuskan Idenya

Cheese cake tersebut memang tampak berbeda dari cheese cake pada umumnya, karena cenderung lebih lembut serupa kue chiffon.

Ricotta, Cheese Cake Lembut Ala Jepang, Siapa Sangka 3 Mahasiswi Ini yang Mencetuskan Idenya
surya/neneng uswatun hasanah
Cheese cake Ricotta 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ayu Sahertyan, Roma Khatelina Hutagaol dan Tabitha Christina Erlienawati tersenyum lebar sambil menjelaskan cheese cake jenis Japanese buatan mereka.

Cheese cake tersebut memang tampak berbeda dari cheese cake pada umumnya, karena cenderung lebih lembut serupa kue chiffon.

"Ada beberapa jenis cheese cake, antara lain New Yorker, French, dan Japanese. New Yorker dan French cheese cake teksturnya lebih padat dan tidak dipanggang namun Japanese cheese cake seperti buatan kami ini lebih lembut dan fluffy serta melewati proses pemanggangan," jelas Ayu.

Awalnya, Japanese cheese cake yang menu utama usaha kecil mereka bernama Ricotta itu, merupakan pengembangan dari skripsi kuliah sarjana mereka. Ketiga mahasiswi jurusan Teknologi Pangan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) itu memang sedang mengerjakan skripsi tentang cheese cake.

Ketiganya meneliti tentang cheese cake yang dibuat tanpa pengawet sehingga pengawetannya dilakukan dengan penyimpanan beku pada suhu -20 derajat celcius.

Karena membutuhkan banyak perlakuan, banyak bahan, dan banyak biaya untuk serangkaian penelitian skripsi tersebut, ketiganya berinisiatif mencari tambahan biaya dengan menjual cheese cake mereka.

"Maksud awal adalah agar tidak membebani orangtua dengan biaya skripsi kami, ternyata banyak juga yang suka," cerita Roma. Sebelumnya, ketika pengujian konsumen pada teman-teman dan dosen, banyak juga komentar positif dari mereka sehingga membuat ketiganya semakin bersemangat.

Penelitian mereka dimulai Mei 2016 dan Japanese Cheese Cake di bawah brand Ricotta mulai dijual pada September 2016. Banyak pembeli yang tertarik dari postingan mereka di media sosial hingga tak jarang mereka mendapat pesanan dalam jumlah besar.

Mereka pernah mendapat pesanan untuk acara ulang tahun sebanyak 100 potong cheese cake yang produksinya hanya dikerjakan mereka bertiga.

"Pembeli selama ini banyak yang sudah mencoba cheese cake tapi belum pernah mencoba seperti yang kami buat jadi mereka sangat tertarik," kata Tabitha.

Halaman
12
Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help