Berita Surabaya

Siswa Didorong Bercita-Cita Tinggi dan Pede Melanjutkan Studi ke Luar Negeri

Kurangnya informasi tentang bidang studi lanjutan di perguruan tinggi membuat sejumlah lulusan SMA maupun SMK tak memiliki antusiasme.

Siswa Didorong Bercita-Cita Tinggi dan Pede Melanjutkan Studi ke Luar Negeri
surabaya.tribunnews.com/Sulvi Sofiana
Suko Widodo, selaku Representatif Prime Surabaya, saat memotivasi 600 siswa SMAN 16 Surabaya, Senin (13/2/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA– Kurangnya informasi tentang bidang studi lanjutan di perguruan tinggi membuat sejumlah lulusan SMA maupun SMK tak memiliki antusiasme untuk melanjutkan studi.

Selain itu, orangtua juga tidak cukup mengathui bakat, kemampuan, serta passion anaknya, sehingga kesulitan mengarahkan mereka dalam memilih bidang studi setelah lulus SMA.

Hal itu disampaikan Suko Widodo, Representative Prime Surabaya saat memotivasi 600 siswa SMAN 16 Surabaya, Senin (13/2/2017).

Prime merupakan lembaga pendamping belajar di luar negeri. Lembaga ini memberikan konsultasi dan pendampingan bagi anak Indonesia yang ingin kuliah di luar negeri.

“Banyak kejadian, anak-anak pintar tidak masuk jurusan yang sesuai,” jelasnya.

Pria yang juga menjabat Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) Universitas Airlangga (Unair) ini mengungkapkan, siswa-siswa Indonesia banyak yang pintar secara akademik. Namun, kelemahan yang dimiliki ialah kurangnya rasa percaya diri dan rendahnya hubungan dengan dunia luar.

“Saya motivasi agar anak-anak lebih percaya diri dan bercita-cita tinggi,” ungkapnya.

Siswa SMA, lanjut Suko, juga harus pandai melihat masa depannya. Oleh karena itu, siswa harus mampu menganalisa bakat dasar, passion serta menghitung peluang di perguruan tinggi.

“Pengenalan bakat bisa memanfaatkan guru bimbingan konseling (BK),” tuturnya.

Sedangkan dalam melihat peluang perguruan tinggi, siswa sebaiknya mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang bidang studi.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help