Properti

Investasi Hunian Horisontal Kembali Dilirik

Meski tren properti di mana saja sedang bergerak ke arah vertical housing, namun landed houses masih diminati banyak orang. Ini buktinya...

Investasi Hunian Horisontal Kembali Dilirik
surabaya.tribunnews.com/Bobby Koloway
Sales Promotion Girl (SPG) di acara gelaran Surabaya Properti Expo (SPX) kesebelas di Grand City Mall, Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Di hari keempat pameran hunian elit (Senin (13/2/2017), Surabaya Properti Expo (SPX) menunjukkan peningkatan peminat. Menariknya, hunian berbentuk perumahan (landed houses) justru lebih banyak diminati dibandingkan dengan hunian vertikal.

Hal ini seperti dikatakan oleh Satria Wijaya S, Marketing Event Convention & Exhibition PT Hardayawidya Graha, selaku pihak penyelenggara.

Satria mengungkapkan bahwa untuk tahun ini ada sejumlah peningkatan di sektor hunian horizontal.

"Hingga hari keempat, mayoritas peminat masih dominan ke landed houses. Meskipun perbandingannya tak signifikan dibandingkan dengan apartemen. Untuk perumahan ini, sedikit di atas lima puluh persen," ujar Satria kepada Surya.co.id ketika ditemui di Grand City Mall, lokasi even ini.

Tren positif tersebut justru berbanding terbalik dengan tren di tahun sebelumnya yang lebih banyak ke sektor perumahan veritikal. Menurutnya, tren peningkatan pembeli apartemen mulai terjadi dari 2014 hingga puncaknya di 2016 lalu pada penyelenggaraan pameran hunian bagi kelas middle dan upper tersebut.

Namun di tahun ini, perumahan justru berbalik memimpin. Berdasarkkan data, ada sekitar kenaikan 30 persen dari tahun sebelumnya.

"Banyak masyarakat yang menilai bahwa investasi tak hanya dengan membeli apartemen. Perumahan juga menujukkan peningkatan untuk pilihan investasi sejak akhir 2016 silam," lanjut Satria.

Pada event penyelenggaraan kali ini, sebanyak 70 developer ikut serta. Bukan hanya pengembang lokal asal Surabaya, melainkan juga dari luar Jatim. Pengembang tersebut menjual properti di 120 lokasi strategis. Mulai dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan beberapa kota besar di Indonesia. Di antaranya, Bali dan Jogjakarta.

Tak hanya itu, dari sisi pengunjung, ada pula pengunjung yang sengaja datang dari luar Jawa. Walau demikian, tetaplah yang dominan adalah pengunjung dari Surabaya.

"Hingga hari ini ada yang dari Sulawesi," kata Satria.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help