Surya/

Pemprov Jatim

Pilkada Serentak: Seluruh Kantor Pemerintah di Jatim Rabu 15 Februari Libur, Kecuali Kantor ini

"LAYANAN di kantor-kantor itu tetap buka. Bisa diatur shift atau sebagaimana yang telah mereka tradisikan."

Pilkada Serentak: Seluruh Kantor Pemerintah di Jatim Rabu 15 Februari Libur, Kecuali Kantor ini
surya/haorrahman
Layanan Puskesmas Sobo Banyuwangi. Jenis layanan di lembaga ini tidak boleh libur meski pemerintah telah menetapkan 15 Februari 2017 adalah libur nasional terkait Pilkada Serentak. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Rabu (15/2/201) telah ditetapkan hari libur nasional karena Pilkada Serentak. Jatim sendiri hanya Kota Batu yang menggelar coblosan. Semua kantor Pemerintah termasuk di seluruh Jatim libur.

Namun, kantor yang berkaitan dengan layanan masyarakat tidak libur. Seperti rumah sakit dan Puskesmas, PMK, Perbankan, Listrik, PDAM, maupun telekomunikasi.

"Layanan di kantor-kantor itu tetap buka. Bisa diatur shift atau sebagaimana yang telah mereka tradisikan. Libur besok karena Pilkada serentak," kata Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Anom Surahno, Minggu (12/2/2017).

Berlakunya libur nasional itu sesuai Keppres nomor 3/2017. Meski Pilkada serentak tak berlangsung semua daerah, namun liburnya berlaku semua daereh.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov. Jatim, Benny Sampir Wanto menuturkan bahwa karena itu Keppres, meski 37 kabupaten dan kota di Jatim tak menggelar coblosan juga libur. Kota Batu yang Rabu besok memilih wali kota.

Keppres libur Pilkada serentak ini ditindaklanjuti dengan surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tanggal yang sama, 10 Februari, nomor B/9/M.KT.02/2017 tentang pelaksanaan hari libur.

Berdasarkan surat edaran tersebut, libur nasional kali ini tidak berkaitan dengan kebijakan hari libur nasional dan cuti bersama. Hanya kantor-kantor layanan tertentu yang tidak boleh libur.

"Pelayanan masyarakat harus tetap berjalan. Jadi bisa diroling atau dengan sistem yang diberlakukan di instasi itu," kata Benny.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help