Surya/

Kesehatan

drg Lizza C Hendriadi : Orang Tua Harus Dirawat Secara Paliatif

Perawatan secara paliatif ternyata tidak hanya penting untuk pasien dengan sakit kronis. Tetapi, bagi orang usia lanjut pun penting. Ini penjelasannya

drg Lizza C Hendriadi : Orang Tua Harus Dirawat Secara Paliatif
Surabaya.tribunnews.com/Fatimatuz Zahroh
Ketua Umum Yayasan Paliatif Surabaya drg. Lizza C Hendriadi. 

Laporan Reporter Surya, Fatimatuz Zahroh

SURYA.co.id | SURABAYA - Belum banyak orang yang paham bahwa perawatan secara paliatif bisa membantu meningkatkan kualitas hidup orang yang sakit.

Bahkan, bukan orang sakit kronis saja yang membutuhkan perawatan paliatif ini, melainkan juga orang tua yang sudah berusia senja.

Itu yang kini sedang dikampanyekan oleh Ketua Umum Yayasan Paliatif Surabaya drg. Lizza C Hendriadi.

Wanita berusia 66 tahun ini menyebutkan justru orang tua membutuhkan perhatian yang lebih dari keluarga.

"Jangan kira hanya orang sakit parah dan kronis saja yang butuh perawatan paliatif. Tapi juga orang tua yang usianya sudah lanjut. Sebagai keluarga harus paham soal ini," ucapnya saat ditemui di Gereja Kristus Raja, Sabtu (11/7/2017).

Ibu empat anak ini menuturkan, biasanya orang tua banyak mengalami menurunnya fungsi organ tubuh. Misalnya mengalami penyakit darah tinggi, liver ataupun jantung.

Keluarga harus memberikan dukungan dengan terus menyemangati dan memberikan motivasi untuk hidup.

"Dengan begitu akan timbuh pikiran dan aura positif. Kalaupun tidak menyembuhkan penyakit, tapi ada peningkatan kualitas hidup yang dirasakan," ujar dokter gigi ini.

Terlebih untuk pasien yang punya sakit kronis. Banyak akhirnya keluarga pasien yang jadi ikut terbawa nuansa penyakit mematikan itu.

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help