Surya/

Lifestyle

VIDEO - Hindari Cedera Saat Berlari, Lakukan Senam ini Dulu

Berlari adalah olahraga paling murah dan bisa dilakukan di mana saja. Tetapi

SURYA.co.id | SURABAYA - Semakin banyak aksi lari yang dilakukan komunitas-komunitas lari dan menjadi salah satu cara untuk bersosialisasi. Lari melintasi bukit sambil menikmati suasana atau lari di gym sama asyiknya.

Meskipun termasuk olahraga yang mudah, tetap saja perlu melakukan berbagai persiapan sebelum mulai berlari. Risiko cedera mengintai karena hentakan telapak kaki dan penumpuan beban pada sebagian tubuh ketika bergerak.

Ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan seperti memulai dengan pemeriksaan kesehatan.

Meski kondisi tubuh dalam keadaan sehat, tak ada salahnya untuk memeriksakan kesehatan pada dokter sebelum berlari. Periksa kesehatan wajib dilakukan ketika akan mengikuti run di berbagai lintasan. Jarak yang jauh dan medan yang beragam mengharuskan kondisi fisik kuat.

Setiap tubuh manusia memiliki karakter yang berbeda. Dengan pemeriksaan kesehatan bisa diketahui batasan yang bisa dilakukan tubuh saat berlari. Jangan sampai olahraga yang bertujuan untuk membuat tubuh lebih bugar malah membuat sakit.

Di luar persiapan secara fisik, persiapan lainnya adalah pemilihan sepatu. Gunakan sepatu yang tepat sebelum berlari.

Untuk mengetahui sepatu yang tepat untuk adalah dengan mengenali karakter kaki atau bentuk kaki. Hal itu penting diperhatikan demi kenyamanan saat mengenakan sepatu untuk lari.

Pastikan pula sebelum berlari dengan menggunakan baju yang bisa menyerap keringat dengan baik agar keringat tidak menempel di baju dan mencegah terjadinya masuk angin. Pilih baju yang mengandung teknologi dry-fit agar keringat tidak menempel di badan.

Dianjurkan makan atau sarapan sebelum berlari agar tubuh memiliki tenaga yang cukup selama berlari. Pilih sarapan yang ringan namun mengandung cukup karbohidrat sebagai sumber energi. Pisang menjadi alternatif sarapan.

Bila ingin mengikuti lomba lari, lakukan sarapan minimal dua jam sebelum lomba lari agar tubuh sempat mengolah makanan yang masuk dan mengubahnya menjadi energi.

Video Editor : Dodo Hawe

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help