Pilgub Jatim 2018

Hanura Ragukan PDIP Usung Gus Ipul dalam Pilgub Jatim 2018

Posisi Gus Ipul dinilai serba sulit. Meski demikian, dinamika akan terus berkembang. Partai mana pun akan mencari sosok terbaik tidak harus kader.

Hanura Ragukan PDIP Usung Gus Ipul dalam Pilgub Jatim 2018
surya/nuraini faiq
Sekertaris DPD Hanura Jatim Warsito. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sekertaris DPD Hanura Jatim Warsito masih ragu PDI Perjuangan akan mengusung Gus Ipul sebagai cagub partai Moncong Putih ini.

"Saya berkeyakinan bahwa PDIP akan memilih Khofifah atau Risma. Makanya keduanya saat ini dalam lingkaran surve Partai ini," kata Warsito memberi penilaian, Minggu (5/2/2017).

PDIP lebih bangga jika kadernya sendiri akan menjadi gubernur. Gus Ipul dinilai sulit karena Wagub Jatim ini bukan kader partai PDIP dan bukan kader partai mana pun.

"Sosok Gus Ipul memang populer untuk saat ini. Tapi siapa yang mau menjadi wakilnya kalau dia jadi calon gubernur. Ini situasi sulit untuk partai," kata Warsito.

Posisi Gus Ipul dinilai serba sulit. Meski demikian, dinamika akan terus berkembang. Partai mana pun akan mencari sosok terbaik tidak harus kader. Namun yang paling berpeluang menang.

Hanura yang saat ini memiliki dua kursi di DPRD Jatim tahu diri dalam menatap Pilgub 2018.

Amanat Rakerda Hanura telah memutuskan untuk mendorong Ketua DPD Hanura Jatim Kelana Aprilianto maju sebagai calon wakil gubernur dalam Pilgub.

Saat ini, komunikasi dengan partai lain terus dijalin, termasuk dengan PDIP.

Partai Megawati ini masih harus koalisi dengan partai lain untuk menggenapi 20 persen kursi di DPRD Jatim agar bisa mengusung calon. Total kursi ada 100.

"Dengan PDIP jelas tak diragukan. Bagaimana pucuk pimpinan kami di pusat begitu dekat dengan PDIP. Kami dengan Pak Kusnadi (ketua DPD PDIP Jatim) juga sering komunikasi," kata Warsito.

Menjelang Pilgub Jatim 2018, sejumlah partai telah melakukan mekanisme menyambut pilgub. Hanura juga telah mematangkan langkah mereka.

Saat ini hanya PKB yang bisa mengusung calon sendiri. Partai pemenang Pileg 2014 di Jatim ini menetapkan Ketua DPW PKB Jatim yang juga Ketua DPRD Jatim sebagai calon gubermur.

Inilah komposisi kursi di DPRD Jatim:

PKB 20
PDIP 19
GERINDRA 13
DEMOKRAT 13
GOLKAR 11
PAN 7
PKS 6
PPP 5
NASDEM 4
HANURA 2

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help