Pilgub Jatim 2018

Antara Risma dan Gus Ipul, Siapa yang Lebih Dekat dengan Megawati?

JAGO POTENSIAL PDIP JATIM: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Kuncinya, siapa lebih dekat Mega?

Antara Risma dan Gus Ipul, Siapa yang Lebih Dekat dengan Megawati?
ist
ARSIP - Gus Ipul ketika menghadiri Gebyar Sholawat dan Tabligh Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H, di Masjid Al Mukhlisin Taman Pondok Jati, Sidoarjo, Minggu (22/1/2017) malam. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat ini masuk dalam lingkaran survei PDI Perjuangan sebagai kandidat terkuat untuk posisi calon gubernur Jatim. 

Namun sudah menjadi rumus paten di partai ini, semua akan ditentukan oleh DPP PDIP dalam hal ini Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Siapa yang ingin direstui dan berhak rekomendasi, kedekatan dengan Megawati adalah kunci. 

"Semua kami kembalikan ke mekanisme partai, siapa yang berhak menjadi calon gubernur di PDIP. Semua bergantung DPP. Namun prosesnya diawali di DPD PDIP," kata Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi, Minggu (5/2/2017).

Saat ini proses di DPD PDIP sudah dilakukan survei di separo daerah di Jatim. Dua nama terkuat ada dalam survei itu. Yakni Risma dan Gus Ipul. 

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi  Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat mengunjungi kawasan bekas lokalisasi Dolly, di Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan Surabaya, Minggu (2/8/2015)
ARSIP - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat mengunjungi kawasan bekas lokalisasi Dolly, di Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan Surabaya, Minggu (2/8/2015).

Seberapa dekat keduanya dengan Megawati, sang penentu di tubuh PDIP?

Mari mulai dari Risma. Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini sangat dekat dengan Mega.

Bahkan saat ini Risma dipercaya menjadi juru kampanye (jurkam) nasional ke hampir seluruh wilayah di Indonesia Timur. Saat ini Risma bahkan menjadi jurkam di Papua.

Begitu juga saat momen tertentu, Mega juga sering menemui Risma. Saat awal Pilkada DKI sebelum ini Mega malah menemui langsung Risma di Surabaya. 

Sementara Gus Ipul juga sama dekatnya dengan Mega. Bahkan belakangan lebih akrab dan lengket. Dalam kesempatan apa pun, di situ ada Mega, Gus Ipul juga diundang.

Saat Mega menerima gelar doctor honoris causa di Bandung, Gus Ipul hadir. Begitu juga saat peluncuran buku Mega, Gus Ipul tak ketinggalan. Di kesempatan lain Mega juga kerap menemui Gus Ipul.

Saat perayaan Harlah NU, Megawati menemui Gus Ipul di Pandaan, Pasuruan beberapa waktu lalu.

Wagub Jatim memang sangat dekat dengan Mega.

Dulu, Gus Ipul juga pernah menjadi anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI. Ia dekat Mega sejak periode akhir Orde Baru ketika Mega dan kelompoknya disingkarkan rezim Soeharto.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help